Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Tanaman semangka dipercaya berasal dari Afrika. Semangka mudah ditemukan dan mudah tumbuh hampir di semua negara. Tanaman ini tumbuh baik di tanah berpasir. Tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari untuk pertumbuhannya. Buahnya berbentuk bulat dengan kulit berwarna hijau licin. Kandungan air dalam buah ini sangat tinggi, yaitu sekitar 92%. Buah semangka ini mengandung multivitamin. Apa sajakah kandungan buah ini dan apa saja manfaat semangka untuk kesehatan? Berikut ulasannya :

Kandungan penting dalam buah semangka:
1. Vitamin A
Seperti yang telah kita ketahui, vitamin A ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

2. Vitamin B6
Kandungan vitamin B6 dalam semangka membantu produksi zat kimiawi dalam otak, seperti serotonin, melatonin, dan dopamine. Ketiga zat tersebut bekerja meredam stress.

3. Vitamin C
Vitamin C nya melindungi tubuh dari serangan virus dan radikal bebas.

4. Likopen
Likopen pada buah ini merupakan yang tertinggi diantara buah dan sayuran segar lainnya. Antioksidan ini mampu menngempur bibit-bibit kanker didalam tubuh kita. Selain itu, likopen juga bagus untuk menjadikan wajah bercahaya, tampak segar dan lebih muda. Bagi lansia, likopen mampu meningkatkan kemampuan mental dan mencegah kepikunan.

5. Kalium
Kandungan kalium dalam semangka sangat tinggi. Kalium membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah.

6. Kandungan lain
Selain beberapa kandungan diatas, semangka juga mengandung protein, karbohidrat, serat, asam amino, sirulin, asam aminoasetat, asam fosfat, natrium, dan masih banyak lagi kandungan-kandungan lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat semangka untuk kesehatan
Manfaat semangka untuk kesehatan

Selain bermanfaat sebagai anti kanker, semangka juga memiliki manfaat-manfaat lain untuk kesehatan.

Manfaat semangka untuk kesehatan:

1. Semangka merupakan sahabat baik bagi Anda yang sedang diet. Semangka bebas lemak dengan kadar gula terbatas dan kadar air melimpah, sehingga bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung. Semangka juga mampu meningkatkan pembakaran lemak dan glukosa.

Baca juga:  Manfaat Nanas untuk Kesehatan

2. Manfaat semangka untuk kesehatan berikutnya yaitu; semangka sangat baik bagi pengidap hipertensi, karena kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah.

3. Semangka juga berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih banyak, sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.

4. Manfaat semangka untuk kesehatan berikutnya yaitu; antioksidan pada semangka mampu mengurangi zat racun di dalam tubuh, yang pada gilirannya mengurangi serangan asma.

5. Kandungan betakaroten dan vitamin C yang berlimpah meredam nyeri yang memberi kontribusi pada kondisi-kondisi seperti osteoarthritis atau rematik.

6. Manfaat semangka untuk kesehatan berikutnya yaitu; efek membersihkan dan diuretik dari buah semangka membantu menyembuhkan masalah-masalah ginjal dan kandung kemih.

7. Jus semangka baik untuk mencegah kolesterol yang menyumbat urat nadi, juga bisa meningkatkan HDL, kolesterol baik, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

8. Manfaat semangka untuk kesehatan berikutnya yaitu; menyembuhkan tenggorokan kering dan sakit. Pada pengobatan tradisional Cina, mereka menggunakan kulit semangka yang dingin dan manis untuk mengobati tenggorokan yang bengkak.

9. Bagi ibu hamil, semangka dapat membantu meringankan gejala heartburn, yaitu rasa panas pada perut, juga bisa mengurangi morning sickness dan mencegah terjadinya kram otot pada kehamilan trimester pertama.

10. Semangka bisa meningkatkan kesuburan dan membangkitkan gairah seksual pada pria. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa sitrulin yang terdapat pada buah ini memiliki efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan Viagra, namun tanpa efek samping.

Cukup banyak manfaat semangka untuk kesehatan. Rasanya yang manis, segar dan mengandung banyak air sangat menggugah selera untuk menikmatinya. Jadi jangan ragu lagi untuk memasukkan buah merah kaya manfaat ini kedalam menu harian Anda dan rasakan efek positifnya yaitu tubuh segar, sehat, dan wajah juga bercahaya.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =