Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa secara harfiah diartikan menahan diri untuk tidak makan dan minum. Namun dalam agama Islam, puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga namun juga menahan berbagai hal yang berdosa. Di artikel ini kita akan mengulas manfaat puasa bagi kesehatan (yang berhubungan dengan menahan lapar dan dahaga). Dengan melakukan puasa, akan diperoleh manfaat berupa sehat jasmani, rohani dan sosial. Rahasia kesehatan yang dijanjikan dalam berpuasa inilah yang menjadi daya tarik ilmuwan untuk meneliti berbagai aspek kesehatan puasa. Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat puasa bagi kesehatan
Manfaat puasa bagi kesehatan

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan
1. Mengeluarkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi
Manfaat puasa bagi kesehatan yang pertama yaitu untuk detoksifikasi. Ketika tubuh berpuasa, maka tubuh akan memakai cadangan lemak sebagai energi. Pada saat yang sama, lemak akan membakar racun yang terdapat dalam tubuh. Sehingga racun yang tertimbun dalam tubuh akan dibersihkan oleh lemak selama sebulan kita berpuasa.

2. Menurunkan berat badan berlebih
Manfaat puasa bagi kesehatan yang berikutnya yaitu membantu menurunkan berat badan. Seperti penjelasan diatas, ketika berpuasa maka tubuh akan mengambil cadangan lemak sebagai energi. Sehingga lemak-lemak yang tertimbun di dalam tubuh akan menipis seiring dengan lamanya kita berpuasa. Dengan catatan, kita tidak melakukan aksi balas dendam ketika kita berbuka puasa dengan memakan segala macam makanan.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Manfaat puasa bagi kesehatan yang berikutnya yaitu membantu menurunkan kadar kolesterol. Dengan berpuasa, maka kadar kolesterol dalam darah akan menurun. Dengan menurunnya kadar kolesterol dalam darah, maka kesehatan akan lebih terjaga.

4. Membantu menjaga jantung dan pembuluh darah tetap sehat
Hal ini berhubungan dengan poin di atas. Dengan berkurangnya kolesterol dalam darah maka kesehatan jantung juga akan meningkat, sehingga mengurangi resiko penyakit serangan jantung atau stroke.

5. Menyehatkan dan mengistirahatkan ginjal
Ginjal merupakan organ vital yang berfungsi untuk menyaring setiap zat berbahaya yang terkandung dalam makanan dan minuman, sehingga organ ini bekerja keras setiap harinya. Dengan berpuasa, maka kita bisa mengistirahatkan ginjal dari pekerjaan beratnya, sehingga ginjal menjadi sehat kembali.

6. Mencegah diabetes
Manfaat puasa bagi kesehatan yang berikutnya adalah untuk mencegah diabetes. Makanan yang kita asup sehari-hari banyak mengandung gula dan lemak yang bisa mengakibatkan terjadinya diabetes. Dengan berpuasa, asupan makanan tersebut akan dapat lebih terkontrol, sehingga akan menurunkan resiko diabetes dan penyakit lain yang menyertainya.

Baca juga:  Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

7. Jiwa yang tenang akan mencegah penyakit kronis
Berpuasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus, namun juga menahan diri dari marah dan hal-hal negatif lainnya. Selain itu, kita juga di anjurkan untuk lebih sering berdzikir, sehingga hati menjadi tenang. Hati yang tenang, akan membawa kedamaian dalam jiwa. Yang pada akhirnya akan mengurangi stress yang merupakan penyebab dari banyak penyakit kronis.

8. Pencegah penyakit mental
Manfaat puasa bagi kesehatan yang berikutnya yaitu untuk kesehatan mental. Didalam otak kita terdapat sel yang memiliki fungsi pembersih dan penyehat otak yang disebut dengan “neuroglial cells”. Ketika kita berpuasa, sel-sel neuron yang mati atau sakit, akan “disikat” oleh sel-sel neuroglial ini, dimana hal ini akan berdampak positif pula pada mental seseorang.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh
Manfaat puasa bagi kesehatan yang berikutnya yaitu membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika berpuasa, kadar limfosit dalam darah akan meningkat 10 kali lipat. Limfosit merupakan salah satu jenis darah putih yang bertugas untuk melawan berbagai zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, dengan meningkatnya limfosit, secara otomatis kekebalan tubuh kita juga akan meningkat.

10. Mempertajam pikiran
Manfaat puasa bagi kesehatan yang berikutnya yaitu membantu meningkatkan pikiran yang tajam. Ketika berpuasa, pikiran kita akan menjadi lebih tenang, menurut sebuah penelitian pikiran yang tenang dan melambat akan membuatnya lebih tajam. Keadaan lapar, bisa memaksa pikiran seseorang menjadi lebih tajam dan berpikir lebih kreatif.

11. Meningkatkan performa seksual
Manfaat puasa bagi kesehatan yang berikutnya yaitu meningkatkan performa seksual. Menurut sebuah penelitian, puasa pada minggu pertama menunjukkan penurunan testosteron, perangsang kantung, dan lemotin yang menyebabkan turunnya gairah seksual pada seseorang. Namun dalam jangka panjang, hormon-hormon tersebut akan mengalami peningkatan yang pesat. Sehingga menyebabkan performa seksual akan meningkat.

12. Menyembuhkan encok
Berpuasa secara teratur dapat meningkatkan sel penetral alami dalam tubuh yang lambat laun akan menyembuhkan penyakit encok.

Itulah beberapa manfaat puasa bagi kesehatan kita. Bukan hanya sehat jasmani, namun juga sehat secara rohani. Semoga dengan artikel ini Anda mengetahui sungguh ada manfaatnya puasa bagi kesehatan fisik dan mental manusia. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − three =