Manfaat Pepaya untuk Kesehatan – Si Merah Kaya Manfaat

Manfaat pepaya untuk kesehatan – Pepaya atau dalam bahasa Latin disebut Carica Papaya, merupakan buah yang berasal dari Meksiko Selatan. Kemudian disebarkan oleh bangsa Spanyol ketika menjelajah ke Asia. Buah ini tidak mengenal musim, karena buah ini mampu berbuah sepanjang tahun. Sejak zaman dahulu, buah ini telah dimanfaatkan sebagai buah pencuci mulut, bahan masakan dan juga sebagai obat. Dari akar, batang, daun, getah, bunga, buah, kulit buah, sampai biji semuanya bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Pepaya kaya akan vitamin C dan merupakan sumber antioksidan yang baik. Kandungan seratnya halus sehingga baik dikonsumsi oleh balita dan mereka yang berusia lanjut. Pepaya juga biasa dimanfatkan sebagai pencahar alami. Buah pepaya matang dipercaya membantu memberikan tenaga serta menyehatkan dan karena itu bermanfaat bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, wanita yang sedang mengandung maupun yang sedang menyusui. Pepaya mengandung kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin C.

Manfaat pepaya untuk kesehatan
Manfaat pepaya untuk kesehatan
Selain tinggi serat, pepaya juga mengandung berbagai jenis enzim, vitamin dan mineral. Kandungan vitamin A pada pepaya lebih banyak daripada wortel. Begitu pula dengan kandungan vitamin C pada pepaya lebih tinggi daripada jeruk. Pepaya juga kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin E. Banyaknya kandungan yang terdapat dalam buah pepaya ini mampu mengatasi banyak sekali gangguan kesehatan dalam tubuh. Beberapa gangguan kesehatan dan cara pemakaian pepaya serta berbagai manfaatnya untuk kesehatan akan kita uraikan berikut ini.Manfaat pepaya untuk kesehatan
1. Mengatasi gangguan pencernaan
Manfaat pepaya untuk kesehatan yang pertama yaitu untuk mengatasi gangguan pencernaan. Kandungan serat halus yang melimpah dalam buah ini menyehatkan sistem saluran pencernaan. Selain itu pepaya mengandung beberapa zat yang mampu menghambat kinerja beberapa mikroorganisme yang mengganggu fungsi pencernaan.

2. Mencegah kanker
Manfaat pepaya untuk kesehatan berikutnya yaitu membantu mencegah kanker. Manfaat vitamin C dan karoten yang banyak terdapat dalam pepaya, membantu dalam mencegah kanker. Kandungan papain-nya juga bersifat antitumor atau kanker.

3. Mengobati efek samping kemoterapi
Pada beberapa penelitian terhadap pasien kanker, suplemen yang mengandung papain yang banyak terdapat dalam pepaya, membantu mengobati efek samping pengobatan kanker atau kemoterapi.

4. Mengobati multiple myeloma
Berbagai kandungan dalam papain sendiri mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan karena itu mendorong dilepaskannya kimia alami yang menyerang sel-sel tumor. Efeknya yang potensial itu membuat papain, di manfaatkan untuk mengobati multiple myeloma, yaitu suatu jenis kanker tulang sumsum.

5. Mengobati cacing gelang
Manfaat pepaya untuk kesehatan berikutnya adalah mengobati cacing gelang. Enzim papain pada getah pepaya muda mengandung zat yang disebut anthelmintic. Zat ini mampu membasmi cacing di dalam usus.

Caranya: campur 1 sendok makan jus pepaya mentah dengan 1 sendok makan madu dan 3 sendok makan air hangat. Untuk orang dewasa, campuran ini diminum sekaligus. Dua jam kemudian, minum campuran 30-60 ml minyak kastor atau minyak jarak dan 250-350 ml air hangat atau susu. Lakukan selama dua hari. Sedangkan untuk anak-anak (7-10thn), dosisnya adalah setengah dosis dewasa. Untuk batita atau anak dibawah umur 3 tahun, cukup 1 sendok teh.

6. Gangguan saluran kencing
Manfaat pepaya untuk kesehatan berikutnya yaitu membantu mengatasi gangguan saluran kencing. Cara mengolahnya untuk mengatasi gangguan ini yaitu; tiga potong akar pepaya direbus dengan 1 liter air hingga mendidih. Saring dan minum air hasil saringan ½ gelas sehari sekali.

Baca juga:  Manfaat Nanas untuk Kesehatan

7. Sirosis hati
Biji pepaya sangat ampuh mengobati sirosis hati yang disebabkan oleh alkohol atau malnutrisi.
Caranya: satu sendok makan biji pepaya yang telah dibersihkan dan dihaluskan, dicampur dengan 10 tetes air jeruk lemon atau jeruk nipis. Campuran ini dikonsumsi sekali atau dua kali sehari selama satu bulan.

8. Pembesaran limpa akibat malaria
Dalam tradisi kuno India, pembesaran limpa diatasi dengan cara merendam irisan pepaya matang yang telah dikupas di dalam cuka selama satu minggu. Buah pepaya yang telah direndam dimakan sebanyak 20 gram dua kali sehari ketika jam makan tiba. Atau dengan memakan irisan pepaya mentah dengan jintan dan merica sehari sekali.

9. Mengontrol tekanan darah
Manfaat pepaya untuk kesehatan berikutnya adalah untuk mengontrol tekanan darah. Lima lembar daun pepaya direbus dengan ½ liter air hingga tinggal ¾ nya. Dinginkan sebelum diminum. Bila perlu, tambahkan gula merah atau madu agar lebih manis.

10. Menambah nafsu makan
Manfaat pepaya untuk kesehatan berikutnya adalah membantu menambah nafsu makan. Terutama untuk anak-anak yang susah makan. Daun pepaya segar berukuran sebesar telapak tangan dicuci sampai bersih, kemudian dihaluskan dengan menambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Saring, tambahkan madu agar tidak pahit, kemudian diminum.

11. Nyeri haid
Mengatasi nyeri haid secara alami juga bisa menggunakan daun pepaya. Satu lembar daun pepaya ditumbuk halus, tambahkan asam jawa dan garam secukupnya. Campur dengan satu gelas air matang, kemudian disaring. Air hasil saringan diminum saat haid.

12. Disentri
Dua lembar daun pepaya dan 1 sendok teh kopi bubuk direbus dalam 1 liter air hingga mendidih, kemudian disaring. Air hasil saringan diminum satu gelas sehari.

13. Diare
Manfaat pepaya untuk kesehatan yang berikutnya adalah untuk mengobati diare. Caranya dengan mengolah tujuh hingga sepuluh biji pepaya dicuci bersih, kemudian dikunyah hingga halus dan dimakan.

14. Mengobati jerawat
Dua atau tiga lembar daun pepaya yang sudah tua dijemur kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan air secukupnya. Gunakan sebagai masker untuk wajah yang berjerawat.

15. Mengurangi kerutan pada wajah
Manfaat pepaya untuk kesehatan berikutnya adalah untuk membantu perawatam tubuh seperti mengurangi kerutan pada wajah. Cara mengolahnya yaitu; tiga sendok makan pepaya yang telah dihaluskan dicampur dengan dua sendok makan oatmeal/ havermut dan 1 sendok makan madu. Campur rata dan gunakan campuran tersebut sebagai masker. Getah pepaya mengandung lebih dari 50 asam amino, antara lain asam aspartat, treonina, serin, asam glutamate, dan sistein. Asam amino tersebut menjadi bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan dan mengenyalkan kulit. Kandungan enzim papain dalam buah pepaya juga berfungsi mempercepat proses pencernaan protein. Sehingga hampir seluruh kandungan protein pada buah pepaya dapat dicerna dan diserap oleh tubuh.

Itulah banyaknya manfaat pepaya untuk kesehatan.  Buah pepaya sangat mudah di dapat karena tidak tergantung pada musim. Harganya juga terjangkau menjadikan pepaya favorit bagi sebagian besar manusia. Semoga bermanfaat dan mari tetap hidup sehat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + sixteen =