Manfaat Pare untuk Kesehatan Manusia

Pare merupakan tamanan sayuran menjalar yang sangat mudah untuk di tanam, memiliki rasa pahit yang terasa sangat melekat di lidah sehingga tidak banyak orang yang menyukainya. Padahal di balik rasa pahitnya, pare memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Beberapa makanan menggunakan pare sebagai pelengkap. Yang terkenal adalah untuk campuran menu Siomay. Mari kita menyimak beberapa manfaat pare untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat pare untuk kesehatan:
1. Menurunkan kadar gula
Pare mengandung Phyto Nutrien terutama polipeptida-P yaitu insulin tanaman yang diketahui efektif untuk menurunkan kadar gula darah. Bekerja sama dengan zat yang bernama charatin, senyawa-senyawa tersebut dianggap sebagai penanggung jawab atas penurunan kadar gula darah dalam pengobatan diabetes mellitus tipe-2.

2. Anti kanker
Antioksidan yang banyak terkadung di dalam sayur ini dapat mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh anda. Selain itu, seperti yang kita ketahui, antioksidan sangat baik untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

3. Melancarkan pencernaan
Untuk anda yang sering mengalami sembelit, atau mungkin ibu hamil yang sangat rentan dengan sembelit, cobalah untuk mengkonsumsi sayuran  ini. Karena pare mengandung banyak serat, yang baik untuk melancarkan pencernaan.

Manfaat Pare untuk Kesehatan
Manfaat pare untuk kesehatan
4. Menjaga kesehatan jantung
Pare ternyata juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung anda, karena menurut penilitian, pare bisa mengurangi kolesterol jahat yang bisa menyumbat arteri yang menuju ke jantung.5. Kecantikan
Vitamin C yang banyak terkandung di dalam pare dapat membantu merawat kecantikan anda. Vitamin C ini membantu kulit anda mengatasi ancaman efek buruk dari sinar ultra violet.

6. Menghambat laju virus HIV/AIDS
Untuk penderita HIV/Aids tentu hal ini merupakan kabar gembira. Baru baru ini penelitian menemukan bahwa biji pare tua banyak mengandung zat yang dinamakan alpha-momorchorin, beta momorchorin dan MAP30 (momordica antiviral protein 30). Zat inilah yang di percaya mampu menghambat lahu virus HIV/Aids pada penderitanya.

Baca juga:  Manfaat Lobak untuk Kesehatan

7. Folat
Sayuran ini mengandung folat yang sangat baik untuk ibu hamil. Folat ketika dikonsumsi oleh ibu selama waktu awal kehamilan dapat membantu mengurangi timbulnya cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

Itulah beberapa manfaat pare untuk kesehatan yang harus anda ketahui. Selain manfaat di atas, pare masih memiliki banyak manfaat lainnya. Konsumsi pare secukupnya dan jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi pare ini terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 17 =