Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan – Mentimun yang memiliki nama latin cucumis sativus L mempunyai berbagai macam manfaat bagi kehidupan manusia. Selain untuk konsumsi penambah menu makanan seperti rujak, lalapan atau juga untuk kecantikan, mentimun juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Mentimun juga sangat mudah ditemukan dimana-mana dan juga tidak bergantung pada musim. Harganya yang murah dan terjangkau juga menjadi nilai lebih. Mentimun mengandung banyak air dan menyegarkan jika di konsumsi. Manfaat mentimun untuk kesehatan manusia akan kita ulas pada artikel ini. Begitu banyak sekali manfaatnya jadi mari kita bahas satu-persatu manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat mentimun untuk kesehatan
1. Melawan pertumbuhan gejala kanker
Mentimun mengandung banyak antioksidan seperti beta karoten, vitamin c, flavonoid, apigenin, kaemferol, dan luteolin yang akan membantu melawan pertumbuhan gejala kanker.

2. Menurunkan resiko penyakit jantung
Konsumsi mentimun secara teratur juga membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Antioksidan yang tersebut diatas juga memiliki efek menurunkan resiko penyakit jantung.

3. Mencegah dehidrasi
Karena memiliki banyak kandungan air, mentimun sangat berguna untuk mencegah dehidrasi tubuh. Jika kita tinggal di daerah yang panas disarankan sekali untuk sering mengkonsumsi mentimun namun juga harus tetap sering minum air putih.

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan
Manfaat mentimun untuk kesehatan
4. Mengatasi sembelit
Mentimun tidak mengandung kolesterol jenuh dan juga mengandung kalori yang sangat rendah. Mengkonsumsi mentimun secara rutin ketika sembelit sangat disarankan untuk mengatasinya.5. Membuang racun di dalam tubuh
Mengolah mentimun untuk dijadikan jus dan dikonsumsi secara rutin akan sangat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh terutama di dalam ginjal.

6. Merawat kesehatan rambut
Mentimun juga terbukti merawat kesehatan rambut. Sering mengkonsumsi mentimun akan memperkuat rambut agar tidak mudah rontok. Konsumsilah dalam bentuk jus dan minum secara teratur.

7. Merawat kesehatan kulit
Mentimun juga bisa untuk merawat kesehatan kulit. Masalah kulit yang bisa disembuhkan dengan mentimun adalah selulit, menjaga kelembaban kulit, meremajakan kulit di sekitar mata, mengobati bintik-bintik, revitalisasi kulit, membantu menyembuhkan luka bakar skala ringan seperti kulit terbakar sinar matahari, mengobati pori-pori kulit yang terbuka dan meningkatkan peremajaan kulit.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi
Konsumsi jus mentimun secara teratur juga terbukti menurunkan tekanan darah tinggi

Baca juga:  Manfaat Pare untuk Kesehatan Manusia

9. Merawat kesehatan mata
Mentimun juga mengandung vitamin A untuk merawat kesehatan dan mempertajam penghilatan mata kita.

10. Mengobati perut mulas
Ada sebuah enzim bernama erepsin di mentimun. Enzim ini bisa membantu menyebuhkan perut mulas dan bahkan asam lambung.

11. Membantu mengeluarkan cacing pita di dalam usus
Jika kita terkena atau kemasukan cacing pita, komsumsi biji mentimun secara rutin akan membantu mengeluarkan cacing pita yang masuk ke dalam usus. Cacing pita akan keluar melalui feses / ketika buang air besar.

12. Menurunkan berat badan
Kandungan serat yang tinggi dan juga nutrisi yang dimiliki mentimun bisa dipergunakan untuk membantu proses diet.

13. Merawat kesehatan gigi dan gusi
Rutin mengkonsumsi mentimun dapat meningkatkan produksi air liur dan sifatnya yang dingin dapat membantu mengatasi peradangan di mulut. Mentimun juga bermanfaat menetralisir asam dan basa di dalam mulut sehingga mulut, gigi dan gusi tidak mudah terserang penyakit.

14. Melindungi penurunan fungsi otak karena usia
Mentimun memiliki kandungan flavanol yang berguna membantu meningkatkan dan menjaga memori otak yang biasanya berhubungan dengan penyakit alzheimer.

15. Merawat kuku
Kandungan silika yang ada di dalam mentimun juga dipercaya bisa membantu atau merawat kuku agar tidak mudah rusak atau pecah-pecah.16. Merawat kesehatan sendi
Kandungan silikan selain berfungsi merawat kesehatan kuku juga berfungsi merawat kesehatan sendi-sendi tulang.

17. Nutrisi ibu hamil
Mentimun juga mengandung Omega 3 yang bisa membantu perkembangan otak janin.  Fungsi lain adalah membantu membuat bibir rahim ibu menjadi lebih elastis saat melahirkan.

18. Mengontrol kadar gula darah
Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan rajin mengkonsumsi mentimun. Sering mengkonsumsi mentimun akan berdampak peningkatan produksi insulin yang berfungsi mengatur kadar gula darah.

Banyak sekali manfaat mentimun bagi kesehatan dan juga bisa untuk kecantikan. Tidak ada salahnya kita memiliki stok mentimun dalam jumlah banyak di dapur kita karena begitu banyak manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan. Cara pengolahannya yang tidak sulit karena kita bisa langsung makan begitu saja atau dibuat jus merupakan nilai lebih dari mentimun.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *