Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan

Manfaat labu kuning untuk kesehatan – Tanaman bernama latin Cucurbita Moschata Duch exPoiret ini memiliki nama daerah seperti labu parang (Melayu) atau waluh (Jawa Tengah dan Jawa Timur). Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia yang penanamannya tidak sulit, baik pembibitan maupun perawatannya. Hasilnya pun mampu memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat. Tanaman ini cukup unik, karena mampu bertahan di segala musim, sehingga bisa ditanam di negara tropis maupun subtropis.

Labu kuning dianggap sebagai rajanya betakaroten. Hal ini dikarenakan tingginya betakaroten dalam labu kuning, seperti lutein, zeaxanthin, dan karoten yang memberi warna kuning pada labu ini. Betakaroten berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mampu mencegah penyakit jantung dan kanker. Sedangkan kadungan karoten membantu melindungi tubuh dengan menetralkan molekul oksigen jahat yang disebut sebagai radikal bebas.

Manfaat labu kuning untuk kesehatan
Manfaat labu kuning untuk kesehatan

Selain kaya sumber betakaroten, labu kuning juga mengandung serat makanan dan zat besi. Kandungan zat besi terbanyak terdapat pada bijinya. Nutrisi lain pada labu kuning adalah vitamin A dan C, mineral, lemak, serta karbohidrat. Biji labu kuning mengandung mangan dan fosfor, juga asam amino langka semacam karboksifenilalanina, pirazoalanina dan asam aminobutirat.

Beberapa manfaat labu kuning untuk kesehatan antara lain:

1. Penangkal kanker
Manfaat labu kuning untuk kesehatan yang pertama yaitu untuk menangkal kanker. Daging buah  labu kuning mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menangkal kanker.

2. Stroke
Manfaat labu kuning untuk kesehatan yang berikutnya yaitu untuk mencegah penyakit stroke. Labu kuning kaya akan betakaroten yang bisa dijadikan sebagai anti-inflamasi. Mengkonsumsi labu kuning secara teratur dapat mencegah pengendapan kolesterol pada dinding arteri yang bisa menurunkan resiko stroke.

3. Penuaan dini
Manfaat labu kuning untuk kesehatan yang berikutnya adalah untuk mencegah penuaan dini. Senyawa alpha-karoten, vitamin A, C dan zinc pada labu kuning bertindak sebagai obat alami untuk memperlambat proses penuaan, mencegah keriput dan menghaluskan kulit.

4. Katarak
Manfaat labu kuning untuk kesehatan berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Labu kuning mengandung senyawa alpha-karoten, antioksidan, lutein, dan zeaxanthin, dimana zat-zat tersebut mampu mencegah penuaan dini, memelihara kesehatan mata, mencegah terjadinya katarak, dan degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.

Baca juga:  Manfaat Kantong Teh Celup Bekas

5. Sembelit
Kandungan serat dalam labu kuning tergolong tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga sistem saluran pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

6. Hipertensi
Manfaat labu kuning untuk kesehatan yang berikutnya adalah untuk membantu mencegah hipertensi. Kandungan potassium pada labu kuning dapat membantu mengurangi resiko terjadinya hipertensi.

7. Memperkuat tulang
Zat besi yang terkandung pada labu kuning sangat baik untuk memperkuat massa tulang dan mencegah terjadinya sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas. Makan labu dalam jumlah cukup dapat mencegah osteoporosis.

8. Mengobati jerawat
Manfaat labu kuning untuk kesehatan yang berikutnya yaitu untuk mengobati jerawat. Labu kuning kaya akan antioksidan yang baik untuk menyembuhkan jerawat serta membersihkan kotoran dan residu dari permukaan kulit dan pori-pori kulit. Campurkan 4-5 sendok makan labu kuning yang telah dihaluskan bersama putih telur. Gunakan campuran ini sebagai masker wajah.

9. Manfaaat lainnya
Manfaat labu kuning untuk kesehatan lainnya selain manfaat-manfaat diatas; labu kuning juga bisa dipakai untuk mengatasi cacingan, diabetes mellitus, jantung koroner, penyempitan pembuluh darah, penyembuhan radang, pengobatan ginjal, demam, diare  dan lain-lain. Bijinya selain diolah sebagai kuaci, juga bisa dijadikan sebagai obat cacing pita. Kulitnya mengandung protein yang sangat efektif untuk mengobati penyakit jamur.

Selain buah, daun labu kuning juga bisa diolah sebagai sayur, bunganya bisa ditumis ataupun dikonsumsi segar sebagai salad atau ditaburkan diatas sup.

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, murah harganya dan tidak sulit didapatkan, namun tingkat konsumsi labu di Indonesia masih tergolong rendah. Padahal labu kuning bisa menjadi alternatif untuk menggantikan sumber karbohidrat selain nasi, bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Itulah beberapa manfaat labu kuning untuk kesehatan semoga memberikan pencerahan bagi kita betapa bermanfaatnya labu kuning ini untuk kesehatan.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 8 =