Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Siapa yang tidak tahu kurma. Buah kurma sangat populer di Negara kira terutama pada saat bulan puasa ramadhan begitu mudahnya ditemui penjual-penjual bertebaran di pinggir jalan besar. Buah ini memiliki rasa yang sangat manis dan enak untuk di makan. Banyak sekali jenis buah kurma yang ada di dunia ini. Namun disini kita tidak akan membahas jenis-jenis buah kurma namun kita akan membahas manfaat kurma untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya mari baca daftarnya berikut ini.

Manfaat kurma untuk kesehatan
1. Menjaga berat badan
Kurma cocok untuk dijadikan camilan. Kandungan gizi yang ada di kurma tidak akan membuat tubuh anda gemuk. Jika anda mencari camilan sehat maka beralih saja menikmati kurma.

Manfaat kurma untuk kesehatan
Manfaat kurma untuk kesehatan

2. Membantu mengatasi masalah pencernaan
Kandungan potassium yang ada di dalam kurma sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

3. Sebagai sumber energi
Manfaat kurma untuk kesehatan berikutnya yaitu sebagai sumber energi. Kandungan gula alami yang ada di buah kurma akan sangat cepat dicerna oleh tubuh untuk dijadikan energi. Oleh karena itu ketika berpuasa sangat di sunnahkan untuk mengkonsumsi kurma agar tubuh mendapat asupan energi untuk beraktifitas.

4. Membantu meningkatkan daya ingat
Kurma yang masih muda sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Kurma yang masih mudah pun kebanyakan sudah terasa manis untuk di konsumsi. Mari kita mengkonsumsi kurma yang masih muda terutama untuk anak-anak kita yang sedang dalam masa pertumbuhan biasakan selalu rutin mengkonsumsi kurma.

5. Mengurangi rasa sakit
Kandungan magnesium pada kurma ternyata dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat peradangan.

6. Membantu mengatasi sakit maag
Manfaat kurma untuk kesehatan berikutnya yaitu membantu mengatasi sakit maag. Maag biasanya disebabkan karena terlambat makan atau karena memang faktor keturunan. Jika anda memiliki penyakit maag ada baiknya mulai saat ini mulailah untuk rutin mengkonsumsi buah kurma untuk membantu anda mengurangi sakit maag.

7. Menambah libido
Banyak cara untuk meningkatkan gairah seks dan salah satu alternatif untuk meningkatkan libido adalah dengan buah kurma. Rendam kurma semalamam di dalam susu kambing. Kemudian esok hari silahkan giling/tumbuk kurma dan campurkan ke dalam susu kambing plus tambahkan pula madu dan bubuk kapulaga dan setelah itu silahkan menikmati. Hal ini dipercaya mampu meningkatkan libido.

8. Mencegah stroke
Manfaat kurma untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah stroke. Kandungan zat besi yang terdapat di kurma sangat baik untuk menjaga tekanan darah tinggi yang berpotensi menyebabkan penyakit stroke.

9. Membantu kelancaran proses melahirkan
Untuk ibu yang sedang hamil, pada usia akhir kehamilan atau sekitar 4 minggu menjelang bayi lahir disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah kurma setiap hari. Karena kurma terbukti membantu mengurangi rasa sakit dan melancarkan proses kelahiran.

Baca juga:  Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

10. Membantu mencegah osteoporosis
Kurma juga mengandung kalsium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang terutama untuk mencegah osteoporosis.

11. Membantu kinerja otak manusia
Kandungan Vitamin B6 pada kurma sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak dan membantu kinerja otak dalam bekerja lebih baik. Jika otak memiliki kinerja yang baik hasilnya akan membuat lebih focus, konsentrasi yang baik dan daya ingat yang baik.

12. Mencegah kanker mulut
Manfaat kurma untuk kesehatan berikutnya yaitu kurma mampu mencegah terkena kanker mulut. Kanker mulut biasanya diawali dengan penyakit sariawan yang tidak kunjung sembuh. Jika anda mengalami masalah sariawan yang berlebihan, silahkan mengkonsumsi kurma secara rutin agar terhindar dari kemungkinan terkena kanker mulut.

13. Menjaga gigi tetap sehat
Kurma juga mengandung fluor yang biasanya ada di kandungan pasta gigi. Fluor sangat bermanfaat dalam menjaga gigi tetap sehat karena dapat mencegah plak dan karang gigi.

14. Menjaga kesehatan usus
Manfaat kurma untuk kesehatan berikutnya yaitu menjaga kesehatan usus. Makan kurma sebagai makanan penutup mulut akan membantu membersihkan usus kita dari bakteri-bakteri yang kemungkinan ikut masuk melalui makanan yang kita santap.

15. Membantu mengatasi tekanan darah
Pola makan yang kurang baik serta jenis makanan yang tidak sehat sangat rawat terkena darah tinggi. Salah satu solusi untuk menjaga tekanan darah tetap stabil adalah dengan mengkonsumsi kurma. Dan juga pastikan selalu mengontrol tekanan darah anda.

16. Nutrisi untuk Ibu menyusui
Kurma sangat bermanfaat untuk karena mengandung berbagai macam nutrisi untuk meningkatkan produksi ASI bagi Ibu yang sedang menyusui.

17. Menambah glukosa alami
Manfaat kurma untuk kesehatan berikutnya yaitu untuk menambah glukosa secara alami. Jika anda sering pusing-pusing karena kekurangan glukosa, daripada mengkonsumsi permen atau manis-manis yang mengandung gula, lebih baik mengkonsumsi kurma untuk meningkatkan glukosa dalam tubuh anda.

Begitu banyak sekali manfaat kurma untuk kesehatan tubuh manusia. Nilai positif kurma adalah sangat mudah ditemukan penjualnya di Negara kita ini dan selalu ada sepanjang tahun. Berbagai jenis kurma dan rentang harga kurma mulai dari yang murah hingga yang mahal tentunya memudahkan kita memilih jenis kurma yang akan kita konsumsi. Dan saat ini banyak sekali suplemen sari kurma yang beredar di pasaran yang bisa dijadikan alternatif nutrisi harian kita. Tetap jaga hidup sehat dan semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *