Manfaat Kantong Teh Celup Bekas

Biasanya kantong teh celup bekas akan langsung kita lempar ke tempat sampah, setelah kita selesai menyeduhnya. Padahal sebenarnya kantong teh celup ini masih bisa kita manfaatkan untuk kesehatan, kecantikan maupun pupuk. Manfaat kantong teh celup bekas ini cukup banyak lho. Apa aja sih? yuk kita simak dibawah ini.

Manfaat Kantong Teh Celup Bekas

  1. Kantong teh bekas sangat efektif untuk menghilangkan memar, bekas gigitan nyamuk, sengatan lebah, ataupun kulit yang terbakar sinar matahari (sunburn). Celupkan dulu kantong teh tersebut ke dalam air dingin, lalu gunakan kantong teh celup bekas seperti menggunakan kompres.
  2. Membantu meredakan mata bengkak atau sembab, mata lelah, dan mengurangi lingkaran hitam pada mata. Caranya, diamkan kantong teh bekas ini di dalam lemari es selama semalam atau beberapa jam. Setelah itu, berbaringlah dan letakkan kantong teh tersebut pada mata Anda selama beberapa menit. Tanin yang terkandung pada daun teh akan membantu sirkulasi darah pada mata, yang pada akhirnya akan menjadikan mata Anda segar.
  3. Kantong teh bekas ini juga dapat menyerap bau tak sedap lho. Coba masukkan kantong teh bekas ini di dalam lemari pakaian, lemari es, atau sepatu yang bau, jangan lupa di alasi ya. Bau-bau tak sedap yang ada disekitarnya akan terserap ke dalam kantong teh ini.
  4. Mencari cara untuk melembutkan kulit secara alami? berendam saja dengan air hangat dan beberapa kantong teh celup bekas. Teh apapun bisa melembutkan kulit, namun teh hijau lebih efektif, karena kandungan antioksidannya lebih banyak.
  5. Sebagai obat kumur. Tahukah kamu? Teh ternyata bisa mengurangi bau mulut lho. Cukup seduh kantong teh bekas dengan air panas, lalu dinginkan. Setelah dingin gunakan sebagai obat kumur setelah bersikat gigi. Lebih hemat daripada membeli mouthwash di pasaran kan.
  6. Daun teh bekas dalam kantong juga bisa di gunakan sebagai scrub wajah. Caranya mudah, keluarkan daun teh dari dalam kantong, kemudian campur dengan madu dan tepung beras hingga menjadi scrub kental, gosok-gosok lembut pada wajah.
  7. Sisa cairan pada kantong teh celup bekas bisa membantu membersihkan kaca atau cermin, serta lemak membandel yang menempel pada alat masak kita. Caranya cukup mudah, peras sisa air dalam kantong teh pada noda, kemudian gosok lalu bilas.
  8. Gunakan teh bekas sebagai kompos. Caranya bisa dengan menyatukannya dengan bahan-bahan kompos lainnya hingga terurai, atau bisa juga merendamnya semalam dalam seember air, lalu gunakan airnya untuk menyirami tanaman.
  9. Teh celup bekas bisa membuat rambut lebih berkilau. Caranya dengan mencelupkan teh bekas ini ke dalam air bilasan rambut, lalu gunakan air tersebut sebagai air bilasan terakhir ketika kita keramas.
  10. Membantu menghentikan pendarahan kecil, seperti teriris pisau atau jatuh sehingga menyebabkan luka. Caranya celupkan kantong teh ke dalam air panas sebentar saja, lalu tempelkan pada luka. Tanin dalam daun teh akan segera membantu menghentikan pendarahan.
Baca juga:  Manfaat Ubi Merah untuk Kesehatan

Wah sungguh banyak dan luar biasa sekali bukan kantong teh celup bekas ini. Oleh karena itu, jika kita selesai menyeduh teh dengan menggunakan teh celup jangan langsung dibuang ya.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 11 =