Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Jambu biji merupakan tanaman buah yang berasal dari Amerika Tengah, tepatnya dari Brazil. Tanaman ini tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Buah ini sangat kaya akan vitamin C dan beberapa jenis mineral yang mampu menangkal beragam jenis penyakit degeneratif, juga mampu menjaga kebugaran tubuh. Selain buah, daun dan kulit batangnya memiliki zat antibakteri yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Banyak sekali manfaat jambu biji untuk kesehatan karena buah ini mengandung berbagai macam kandungan luar biasa. Mari kita mengenal tentang jambu biji ini.

Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat dalam jambu biji:
1. Vitamin C
Kandungan vitamin C dalam buah ini merupakan yang tertinggi di bandingkan dengan buah yang lain. Vitamin C pada jambu biji adalah dua kali lipat dibandingkan dengan jeruk manis. Vitamin ini sangat baik sebagai zat antioksidan, membantu penyerapan zat besi, dan dapat menghambat produksi nitrosamine, suatu zat pemicu kanker. Vitamin C ini juga membantu pembentukan kolagen yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka. Ketersediaan vitamin C yang cukup dalam darah mampu mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostat, payudara, usus besar, empedu, dan otak.

2. Vitamin A
Vitamin A yang terdapat dalam jambu biji cukup banyak. Seperti yang telah kita ketahui, vitamin A ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, menjaga sistem kekebalan tubuh, mampu membersihkan darah, dan banyak lagi.

3. Tannin.
Tannin merupakan zat yang menimbulkan rasa sepat pada buah, namun juga berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan, sirkulasi darah, dan berguna untuk melawan virus.

4. Serat
Serat yang terkandung dalam jambu biji, khususnya pectin (serat larut air), dapat digunakan sebagai bahan pembuat gel atau jeli. Pectin juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yaitu dengan cara mengikat kolesterol dan asama empedu dalam tubuh dan membantu mengeluarkannya.

5. Kalium
Jambu biji mengandung kalium yang berfungsi untuk meningkatkan keteraturan denyut pada jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan  pada jaringan dan sel tubuh.

6. Likopen
Likopen juga ditemukan dalam jambu biji, terutama jambu biji merah. Kandungan likopen pada jambu merah membuat jus jambu biji merah sangat populer digunakan untuk meningkatkan kadar trombosit pada penderita penyakit demam berdarah. Mengkonsumsi likopen, khususnya pada jambu biji merah, mempunyai efek memberikan perlindungan pada tubuh dari beberapa jenis kanker. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mencegah munculnya kanker, likopen pada jambu juga dapat meningkatkan kesehatan gigi, gusi dan pembuluh kapiler serta mampu membantu penyerapan zat besi dan penyembuhan luka.

Manfaat jambu biji untuk kesehatan
Manfaat jambu biji untuk kesehatan
Selain kandungan dan beberapa manfaat diatas, jambu biji masih memiliki beberapa manfaat lain yang tak kalah pentingnya.Manfaat jambu biji untuk kesehatan:
1. Mengobati Diare dan Disentri
Jambu biji kaya akan zat. Zat tersebut membantu mengikat usus pada penderita diare. Jambu biji juga mengandung zat alkaline alami, desinfektan dan antibakteri sehingga mampu membantu penyembuhan disentri yang disebabkan oleh pertumbuhan mikroba, juga mengurangi produksi lender yang berlebih dari usus. Kandungan lain seperti vitamin C dan potassium carotenoids dapat membantu memperkuat sistem pencernaan dalam mengatasi bakteri tersebut.

Baca juga:  Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan
2. Sembelit
Manfaat jambu biji untuk kesehatan berikutnya adalah untuk mengobati sembelit. Salah satu zat yang bermanfaat yang terkandung dalam jambu biji adalah serat pangan yang disebut pectin. Serat ini berguna untuk mencegah berbagai jenis penyakit degeneratif seperti kanker usus besar, Karena sifatnya yang bisa larut dalam air sehingga memungkinkan pengeluaran residu hasil produksi tubuh yang tidak bermanfaat lagi melalui proses buang air besar. Menurut penelitian, tidak lancarnya pembuangan kotoran  (sembelit) dapat mengakibatkan 72 macam jenis penyakit. Sehingga, lancarnya proses pembuangan sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.3. Perawatan kulit
Manfaat jambu biji untuk kesehatan berikutnya adalah untuk membantu perawatan kulit. Jambu biji mampu memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih baik, dibandingkan dengan menggunakan krim atau toner kulit. Caranya adalah dengan mengkonsumsi buah yang setengah matang dan daunnya atau mencuci kulit tubuh/wajah dengan rebusan kulit luar pohon jambu biji, buah serta daun yang masih muda dapat membantu mengencangkan otot kulit yang sudah kendor. Selain itu, jambu biji juga kaya akan vitamin A, B, dan C serta potassium yang sangat baik sebagai antioksidan sehingga membuat kulit anda akan tetap segar juga bebas dari noda, keriput dan penyakit kulit berbahaya lainnya.

4. Tekanan darah tinggi
Manfaat jambu biji untuk kesehatan berikutnya adalah mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kandungan potassiumnya bermanfaat untuk meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mampu mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan sel tubuh, serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

5. Menurunkan berat badan
Manfaat jambu biji untuk kesehatan berikutnya yaitu membantu menurunkan berat badan. Karena kandungan yang terdapat di dalamnya berupa vitamin, protein, dan serat serta tanpa kolesterol. Kandungan gizi pada jambu biji akan membantu penyerapan gizi.

6. Batuk dan pilek
Manfaat jambu biji untuk kesehatan berikutnya adalah mampu membantu mengobati batuk dan pilek. Jus jambu biji yang masih muda atau minuman herbal dari rebusan daun jambu biji sangat bermanfaat untuk mengatasi batuk serta pilek, mengurangi lendir, melonggarkan saluran pernapasan, tenggorokan dan paru-paru.

Sangat luar biasa sekali manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh kita. Dan beruntungnya adalah jambu biji sangat mudah ditemui banyak yang menjual dimana-mana. Dan ada juga yang menjual sudah dalam bentuk jus dalam botol. Namun ingat Anda juga tetap harus selektif jika membeli jus jambu biji dalam botolan karena yang dikhawatirkan adalah adanya tambahan pemanis tambahan yang justru akan merugikan. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =