Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan

Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan – Ikan tongkol merupakan ikan air asin yang banyak terdapat di perairan Nusantara. Ikan ini biasa juga di sebut sebagai ikan tuna ataupun ikan cakalang. Ikan tongkol banyak di eksport ke negara-negara tetangga kita seperti Singapura dan Filipina. Ikan tongkol sebagai konsumsi harian sangat lezat diolah menjadi Gulai Ikan Tongkol atau juga menjadi menu yang lainnya. Selain rasanya yang enak, ikan tongkol ini juga memiliki kandungan protein hewani yang cukup tinggi yang memiliki manfaat sangat baik untuk kesehatan manusia.

Berikut ini adalah manfaat ikan tongkol untuk kesehatan yang sudah kami rangkum untuk anda:
1. Kandungan protein yang tinggi
Ikan tongkol ini memiliki kandungan protein hewani yang tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk untuk proses pertumbuhan dan menambah massa otot. Selain itu protein juga bisa mengikat lemak dan memberikan energi lebih bagi tubuh, dan juga menambah daya tahan tubuh

Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan
Manfaat Ikan Tongkol Untuk Kesehatan
2. Kaya akan Omega 3
Omega 3 adalah asam  lemak yang tersusun dari DHA (Dokosaheksaenoat), EPA (Eikosapentanoik), dan ALA (alfa-linolenik). Pada umumnya DHA dan EPA banyak terdapat pada daging ikan, dan ALA banyak kita temui pada kacang-kacangan. Namun pada daging ikan tongkol ini kita bisa menjumpai ketiga-tiganya. Omega 3 ini sangat baik untuk mendukung pertumbuhan janin, mencegah penyakit jantung, dan juga mencegah penyakit pikun atau demensia. Omega 3 ini juga dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir dan kemampuan kognitif seseorang dan juga mampu menjaga kesehatan mata.

3. Kandungan Selenium
Manfaat ikan tongkol untuk kesehatan berikutnya yaitu membantu proses detoksifikasi. Kandungan selenium yang terdapat pada daging ikan tongkol ini bermanfaat untuk mempercepat proses detoksifikasi atau pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Baca juga:  Manfaat Green Coffe untuk Kesehatan Tubuh

4. Kandungan zat besi alami
Ikan tongkol ini juga memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh kita. Zat besi sangat bermanfaat untuk mencegah anemia. Seperti kita ketahui, anemia bisa sangat menggangu aktifitas kita, karena gejala anemia umumnya berupa daya tahan tubuh yang menurun, lemah, letih lesu, pegal-pegal, dan mudah terserang berbagai macam penyakit. Namun anda perlu memperhatikan cara mengolah ikan ini jika ingin menikmati manfaatnya sebagai pencegah anemia, yakni jangan di goreng. Rebus atau kukuslah ikan ini menjadi sup.

5. Asam lemak tak jenuh yang tinggi
Manfaat ikan tongkol untuk kesehatan yang lainnya adalah memiliki asam lemak tak jenuh yang tinggi, yang berguna untuk menstabilkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

6. Mengatasi rematik
Manfaat ikan tongkol untuk kesehatan berikutnya yaitu membantu mengatasi rematik. Ikan tongkol ini juga dipercaya bisa mengobati rematik atau rasa linu pada tulang. Cukup konsumsi ikan tongkol 2-3 kali setiap minggunya, penyakit rematik anda berangsur membaik.

Ternyata banyak sekali manfaat ikan tongkol untuk kesehatan ini. Untuk yang jarang mengkonsumsi ikan, silahkan perbanyak konsumsi ikan demi kesehatan tubuh. Tentunya juga asupan gizi dan nutrisi juga harus di imbangi dengan mengkonsumsi menu lain selain ikan. Mengkonsumsi ikan secara berlebihan juga akan memberi efek yang kurang baik tubuh manusia.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *