Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Daun seledri dikenal sebagai pelengkap makanan seperti sup, bakso, tahu telur dan sebagainya. Meskipun sering digunakan hanya sebagai pelengkap masakan, daun seledri ternyata memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan manusia. Yang paling fenomenal, manfaat daun seledri untuk kesehatan adalah dikenal sebagai pembersih kotoran dan racun yang ada di ginjal manusia. Manfaat lain tentu masih banyak lagi dan disini mari kita bahas beberapa manfaatnya bagi kesehatan manusia. Mari kita simak berbagai macam manfaat daun seledri untuk kesehatan manusia.

Manfaat daun seledri untuk kesehatan
1. Cuci ginjal secara alami, mudah dan murah
Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, daun seledri mempunyai manfaat dahsyat sebagai pembersih segala macam kotoran dan racun yang ada di ginjal manusia. Cara penggunaanya sangat mudah. Bersihkan daun seledri dan kemudian potong menjadi bagian yang kecil-kecil dan lanjutkan dengan merebusnya di dalam air panas selama 10 menit. Setelah dingin saring saja hingga bersih dan kemudian simpan airnya di dalam botol atau gelas dan simpan di dalam lemari pendingin/kulkas. Minum 1 gelas sehari secara rutin untuk membantu membersihkan racun dan kotoran di dalam ginjal kita.

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan
Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan
2. Menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh
Seledri memiliki kalori yang sangat rendah. Mencampur seledri sebagai bumbu pelengkap makanan akan mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh kita.3. Mengobati rematik
Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang berikutnya adalah mengobati rematik. Rematik disebabkan kelebihan asam urat di dalam tubuh. Seledri bisa membantu mengurangi kelebihan asam urat yang menyebabkan rematik. Konsumsi seledri dalam keadaan mentah sebagai campuran makanan atau makan langsung sebagai lalapan. Nikmati secara rutin agar asam urat di dalam tubuh dapat berkurang.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh
Daun seledri juga bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh manusia karena mengandung zat seperti asam folat, vitamin c, niasin dan riboflavin yang berguna dalam hal metabolisme.

5. Menjaga kesehatan mata
Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang berikutnya yaitu menjaga kesehatan mata. Daun seledri juga mengandung vitamin a yang tentu saja akan sangat baik untuk kesehatan mata kita.

6. Mengobati anemia
Manfaat daun seledri untuk kesehatan berikutnya adalah untuk membantu mengobati penyakit anemia. Anemia adalah kondisi kekurangan darah. Jika tubuh kekurangan darah, maka efeknya adalah tubuh akan selalu lemas, tidak fit dan lain-lain. Daripada mengkonsumsi obat kimia untuk anemia, akan lebih baik jika kita memanfaatkan khasiat seledri untuk anemia. Caranya dengan menjadikan daun seledri  diolah menjadi jus. Campur daun seledri dengan madu dan air agar tidak terasa pahit.

Baca juga:  Manfaat Pare untuk Kesehatan Manusia

7. Meningkatkan daya tahan tubuh
Daun seledri juga mengandung banyak antioksidan seperti beta karoten yang berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan lain yang terdapat di daun seledri adalah lutein. Perpaduan lutein dan beta karoten juga bisa mencegah penyakit kanker.

8. Menjaga kesehatan rambut
Daun seledri juga sudah tersohor sebagai daun pelindung dan menjaga kesehatan rambut manusia. Banyak minyak rambut dan cairan-cairan kesehatan rambut memasukkan olahan daun seledri sebagai campuran utama. Secara tradisional, cara memanfaatkan daun seledri untuk kesehatan rambut caranya adalah : tumbuk daun seledri hingga halus, kemudian usapkan ke rambut secara merata setelah keramas. Remas-remas rambut dengan daun seledri secara merata. Setelah selesai bersihkan dengan air jangan dibersihkan dengan shampo. Lakukan hal ini secara rutin agar rambut anda selalu dalam keadaan sehat, hitam berkilau dan tidak mudah rontok.

9. Menyembuhkan batuk
Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang berikutnya adalah untuk membantu menyembuhkan batuk. Caranya rebus saja daun seledri hinga menyusut, setelah itu saring saja airnya dan ketika sudah hangat minum air rebusan daun seledri, tambahkan madu secukupnya untuk member rasa manis dan jangan menggunakan atau menambahkan gula.

10. Pengganti cairan tubuh
Daun seledri juga bisa dijadikan sebagai olahan untuk membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah melakukan aktifitas padat seperti kerja keras harian atau setelah berolah raga. Caranya yaitu dengan cara dijadikan jus seledri yang dikonsumsi setelah beraktifitas.

11. Mencegah sembelit
Manfaat daun seledri untuk kesehatan yang berikutnya yaitu membantu mencegah sembelit. Cukup mengkonsumsi secara rutin daun seledri di menu makanan sehari-hari akan membantu kita mencegah sembelit.

Cukup banyak sekali bukan manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh manusia. Memang bentuknya yang biasa-biasa saja dan rasanya yang pahit tidak akan kita kira begitu banyaknya manfaatnya bagi kesehatan. Harganya yang murah serta mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket besar menjadi nilai plus dan menjadikan daun seledri layak dijadikan campuran menu makanan sehari-hari. Jangan jadikan rasanya yang pahit sebagai hambatan untuk menikmatinya.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 8 =