Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

Manfaat buah tin untuk kesehatan – Buah Tin ini diyakini oleh umat Muslim sebagai buah yang berasal dari surga. Hal ini berdasarkan hadist Nabi Muhammad Solallohu alaihi wasallam yang berbunyi “Jika kamu ingin mengatakan bahwa buah tertentu berasal dari surga, kamu harus menyebut Tin karena ia memang buah surga,” (HR As-Suyuthi).

Khasiat buah Tin ini sangat luar biasa, bahkan Allah SWT bersumpah dalam Al-Quran atas nama buah Tin. Hal ini menunjukkan betapa hebatnya khasiat dari buah ini. Professor J. A. Vinson, U of Scranton, USA menyebutkan bahwa buah Tin ini tidak mengandung garam, lemak maupun kolesterol, tetapi mengandung kalium, serat dan zat besi yang tinggi.

Berikut ini beberapa manfaat buah tin untuk kesehatan:

1. Mengobati wasir dan encok
Manfaat buah tin untuk kesehatan yang pertama yaitu untuk mengobati wasir dan encok. Nabi Muhammad Saw bersabda: “Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok“ (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad )”

manfaat buah tin untuk kesehatan
Manfaat buah tin untuk kesehatan

Encok disebabkan pola makan yang berlebihan dalam mengkonsumsi daging merah yang dapat menyebabkan kerusakan asam amino, yaitu asam sel somatic. Buah tin mempunyai kaitan dengan enzim yang khusus mengubah trimethyl menjadi asam folat. Trimethyl ini biasanya bekerja dalam satu sisi saja, namun diubah menjadi asam folat yang mampu bekerja dalam dua sisi sehingga seimbang. Oleh karena itu, obat-obatan dari luar melemahkan enzim, tetapi buah tin bisa menormalkan kinerja enzim. Selain itu buah tin ini mengandung senyawa flavonoid yang cukup tinggi sehingga  mampu mencegah radikal bebas dan peradangan penyebab wasir semakin parah.

2. Baik dikonsumsi penderita Diabetes
Manfaat buah tin untuk kesehatan berikutnya yaitu sangat baik dikonsumsi para penderita diabetes. Buah Tin ini mempunyai rasa yang manis, namun rasa manisnya tidak berbahaya bagi penderita diabetes. Sebab selain mengandung glukosa dan fruktosa, buah tin juga mempunyai kandungan serat larut dan karbohidrat. Kedua kandungan ini mampu menghambat proses penyerapan gula berlebih pada sistem pencernaan Anda secara optimal. Bahkan menurut beberapa ahli menambahkan buah satu ini ke dalam menu makan juga cukup efektif untuk mencegah diabetes.

3. Mencegah kanker
Manfaat buah tin untuk kesehatan yang lain adalah juga bisa untuk membantu mencegah kanker. Kanker merupakan momok bagi setiap manusia. Kandungan polyfenol dalam buah Tin ini mampu bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas penyebab kanker.

4. Menguatkan tulang dan mencegah Osteoporosis
Osteoporosis merupakan penyakit yang disebabkan berkurangnya massa tulang akibat kekurangan kalsium. Kandungan kalsium dalam buah Tin ini cukup tinggi. Bahkan menurut ahli gizi, dibandingkan dengan susu sapi, kandungan kalsium dan fosfor dalam buah ini lebih tinggi. Bagi anak-anak, hal ini sangat berperan untuk membantu pertumbuhan serta menguatkan tulang dan gigi. Sedangkan untuk orang berusia 30 tahun keatas, kalsium mampu mencegah terjadinya osteoporosis.

5. Membantu penderita insomnia
Menurut penelitian di Universitas Yale, buah tin mempunyai kandungan senyawa tryptophan  yang sangat efektif untuk memberikan rasa nyaman, tenang, dan rileks bagi pikiran dan tubuh kita. Sehingga sangat baik untuk membantu mengatasi insomnia dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

6. Mencegah tumor
Manfaat buah tin untuk kesehatan berikutnya yaitu mampu mencegah tumor. Buah tin mengandung senyawa benzaldehide dan phenol, kandungan keduanya diyakini mampu menghentikan pertumbuhan parasit, jamur, dan virus penyebab munculnya tumor jinak. Tidak hanya tumor jinak saja, kombinasi antara antioksidannya juga cukup efektif untuk membantu mencegah penyakit tumor ganas.

7. Baik untuk ibu hamil atau baru saja melahirkan
Khasiat buah tin untuk ibu hamil sangat luar biasa. Dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya seperti asam folat, serat,  protein, kalsium, dan berbagai mineral alami lainnya, mambuat buah ini cukup baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Buah tin atau ara tidak hanya bermanfaat pada ibu hamil saja, namun kandungan zat besi dalam buah tersebut juga sangat bermanfaat  untuk ibu yang baru saja melahirkan. Karena menurut para ahli, ketika melahirkan seorang ibu akan mengalami kekurangan banyak zat besi yang akan menyebabkan anemia dan rasa lelah yang luar biasa.

8. Mampu mengobati jerawat
Manfaat buah tin untuk kesehatan berikutnya adalah untuk mengatasi masalah kulit. Buah ini mengandung mineral alkali yang mempunyai kemampuan mengontrol pH kulit. Selain itu kandungan tersebut mampu membersihkan pori-pori kulit dari masalah penyumbatan secara alami. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengonsumsi buah tin setiap hari, atau bisa dengan mengoleskan buah tin yang telah dihaluskan secara merata pada bagian wajah selama 15-30 menit sehari saja.

9. Membantu menurunkan berat badan
Menurut para ahli diet sehat seperti Dr OZ, kandungan serat terlarut dalam buah ttin ini mampu mengikat lemak dalam tubuh dan membuangnya melalui sistem pencernaan. Konsumsilah jus buah ini tanpa tambahan gula ataupun susu didalamnya, untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

10. Manfaat lainnya
Selain manfaat-manfaat yang telah dijelaskan diatas, manfaat buah tin untuk kesehatan lainnya adalah juga mampu mengatasi gangguan sistem pernapasan, mengobati bisul dan abses, mengatasi hipertensi dan jantung koroner, mempercepat penyembuhan luka, mencegah penuaan pada wanita menopause, mencerahkan kulit, meluruhkan batu ginjal, meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesuburan, dan banyak lagi.

Itulah beberapa manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh kita. Semoga anda mendapat informasi dan pengetahuan betapa bermanfaatnya buah ini bagi manusia. Semoga bermanfaat dan tetap sehat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + seventeen =