Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Buah naga dulunya dikenal sebagai tanaman hias. Bahkan bagi orang Cina, buah naga ini dianggap sebagai buah pembawa berkah. Buah naga ini termasuk di dalam jenis kaktus dan asalnya berasal dari daerah Amerika Tengah dan Utara. Sekarang banyak Negara sudah mulai membudidayakan buah naga setelah mengatahui segala manfaatnya untuk kesehatan manusia. Buah naga mulai dari batang, daging dan kulitnya memiliki banyak sekali manfaat. Mari kita bedah segala manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan
1. Menyembuhkan Kanker
Buah naga berdaging merah memiliki vitamin kompleks yang sangat direkomendasikan oleh para dokter untuk membantu penyembuhan segala macam kanker.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan
Daging Buah Naga Bermanfaat Untuk Kesehatan
2. Memperlambat Proses Penuaan Dini
Manfaat buah naga untuk kesehatan berikutnya yaitu untuk membantu memperlambat proses penuaan dini. Buah naga berdaging warna putih memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi sangat berguna sekali membantu memperlambat proses penuaan dini.3. Memperkuat Kekebalan Tubuh
Buah naga banyak mengandung Vitamin C yang tentu saja akan berdampak untuk memperkuat kekebalan tubuh kita.

4. Menghambat Perkembangan Tumor
Manfaat buah naga untuk kesehatan berikutnya yaitu menghambat perkembangan tumor. Kulit buah naga yang sudah diolah menjadi sedemikian rupa sangat bermanfaat untuk menghambat berkembangnya tumor di dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan Vitamin C yang tinggi selain berguna untuk kekebalan tubuh juga berguna untuk kencantikan kulit manusia. Kulit buah naga juga bisa diolah menjadi lulur untuk kulit agar memperoleh kulit yang halus.

6. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Kandungan lain yang terdapat di buah naga adalah kalsium dan zat besi. Zat ini berguna untuk membantu merawat dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

7. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat buah naga untuk kesehatan berikutnya yaitu menjaga kesehatan jantung. Konsumsi secara rutin buah naga akan sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung karena buah naga memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung yaitu seperti Vitamin C, B1, B2, dan B3.

8. Menambah Nutrisi Bagi yang Menjalankan Program Diet
Bagi anda yang sedang menjalankan program diet pastikan memasukkan buah naga di dalam salah satu menu konsumsi rutin. Buah naga sangat tinggi protein serta rendah karbohidrat dan lemak. Jangan lupakan juga kandungan serat yang ada di buah naga juga akan membantu kesehatan dan kelancaran pencernaan yang tentu saja sangat bagus untuk program diet.

9. Menurunkan Kadar Kolesterol
Manfaat buah naga untuk kesehatan berikutnya adalah menurunkan kadar kolesterol. Kandungan Vitamin B3 sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Vitamin B3 juga bisa membantu meyembuhkan sakit batuk dan asma.

10. Menjaga Kesehatan Mata
Manfaat buah naga untuk kesehatan berikutnya yaitu menjaga kesehatan mata. Kandungan lain yang terdapat di dalam buah naga adalah beta karoten yang bisa membantu menjaga kesehatan mata kita.

Baca juga:  Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

11. Banyak Manfaat untuk Kehamilan
Berbagai kandungan vitamin dan zat yang ada di dalam buah naga juga sangat baik untuk kehamilan. Kandungan seperti zat besi sangat baik memberikan peningkatan volume darah untuk ibu hamil. Kalsium juga sangat baik untuk perkembangan tulang pada janin.

12. Menambah Nafsu Makan
Manfaat buah naga untuk kesehatan berikutnya adalah menambah nafsu makan. Buah naga berdaging putih membantu meningkatkan nafsu makan. Jika anak anda mengalami kesulitan makan ada baiknya berikan buah naga. Buah naga memiliki rasa manis akan disukai oleh sebagian besar anak-anak.

13. Mengatasi Dehidrasi
Kandungan air di dalam buah naga sangat banyak. Buah naga akan sangat baik dikonsumsi dalam keadaan panas terik atau setelah melakukan kegiatan yang mengeluarkan keringat dalam jumlah sangat banyak.

14. Mengurangi Resiko Diabetes
Rasa manis buah naga tidak terlalu tinggi. Bagi anda yang membutuhkan tambahan glukosa atau menderita diabetes sangat dianjurkan rajin mengkonsumsi buah naga.

15. Mencegah Osteoporosis
Manfaat buah naga untuk kesehatan berikutnya yaitu mencegah osteporosis. Kandungan kalsium organic di buah naga sangat baik untuk mencegah penyakit osteoporosis (pengapuran tulang).

16. Membantu Proses Penyembuhan Ketika Sakit
Ketika kita dalam keadaan sakit apapun, mengkonsumsi buah naga juga membantu mempercepat proses penyembuhan. Vitamin B1 berguna memproses karbohidrat secara cepat dan mengubah menjadi energi yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan.

17. Membantu Mengurangi Jerawat
Manfaat buah naga untuk kesehatan berikutnya yaitu membantu mengurangi jerawat. Gunakan masker buah naga untuk membantu anda jika mengalami masalah jerawat.

18. Mengurangi Nyeri Sendi
Buah naga juga bersifat anti-inflamasi yang akan membantu memperlancar peredaran darah di daerah yang nyeri.

19. Melembabkan Kulit
Kulit buah naga yang sudah di ekstraksi menjadi teh herbal. Jika anda sering melakukan kegiatan luar yang sering terkena panas/paparan sinar matahari rajin saja minum teh herbal kulit buah naga secara rutin agar kulit anda tetap sehat dan terjaga kelembapannya.

20. Melindungi Kelenturan Pembuluh Darah
Senyawa aktif yang terdapat pada kulit buah naga menurut penelitian juga dapat melindungi kelenturan pembuluh darah. Jika pembuluh darah lentur, maka akan mengurangi resiko pecahnya pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel tumor.

Mengolah dan menikmati buah naga setiap hari akan sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Kendala yang ada mungkin adalah buah naga cenderung memiliki harga yang lumayan mahal dan belum terjangkau oleh banyak kalangan. Banyak orang yang sudah mengetahui manfaat buah naga untuk kesehatan sehingga mereka membudidayakan sendiri meski hanya sekedar di halaman depan rumah. Selain untuk tanaman hias tentunya dagingnya bisa dikonsumsi.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × four =