Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Manfaat buah mangga untuk kesehatan – Seperti yang sudah kita tahu banyak sekali manfaat buah mangga untuk kesehatan kita. Selain kaya akan vitamin C, banyak juga manfaat-manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari buah mangga. Mangga baik buahnya yang masih mentah maupun yang sudah matang banyak memberikan manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Buah mangga yang masih mentah atau namanya pencit juga banyak digunakan seperti untuk rujak buah dan juga bisa untuk membuat bahan sambal (sambal pencit).  Nah apa saja manfaat buah mangga untuk kesehatan dalam kehidupan sehari-hari kita yuk kita ulas di artikel ini.

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan
1. Mencegah sakit jantung
Mangga memiliki kandungan serat dan kalium yang tinggi. Kandungan ini sangat baik untuk mencegah sakit jantung. Olahraga yang teratur, pola hidup sehat, dan sering mengkonsumsi buah mangga bisa membantu kita mencegah penyakit jantung.

Manfaat Buah Mangga
Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat di tubuh
Kandungan Vitamin C yang tinggi dan juga banyak serat yang terkandung di buah mangga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh kita. Kandungan lain yaitu Kalium akan membantu tubuh mengontrol tekanan darah yang tentunya akan sangat baik dalam mengontrol detak jantung.

3. Membantu kesehatan dan kelancaran pencernaan
Mangga mempunyai kadar serat yang sangat tinggi. Serat sangat berguna dalam hal kesehatan dan kelancaran pencernaan di dalam tubuh. Buah mangga sangat cocok untuk “pencuci mulut” setelah makan. Kandungan enzim yang dimiliki oleh buah mangga bisa membantu dalam mempercepat penghancuran lemak dan protein di dalam makanan.

4. Mencegah kanker
Di dalam buah mangga juga terdapat senyawa antioksidan seperti quercetin, fisetin, methylgallat dan juga enzim lain yang bisa melindungi bagian tubuh seperti usus besar, leukemia dan juga pada kanker prostat.

5. Menambah daya tahan tubuh
Vitamin C sangat baik untuk menambah daya tahan tubuh kita. Buah mangga seperti yang kita ketahui di dominasi oleh vitamin c yang akan membantu daya tahan tubuh dan menjaga tubuh selalu dalam keadaan fit untuk beraktifitas sehari-hari.

6. Membantu perawatan kulit
Manfaat buah mangga untuk kesehatan yang lain adalah membantu perawatan kulit kita. Apa saja yang dimaksud dengan perawatan kulit :
a. Membantu penyembuhan penyakit kulit seperti bisul, borok dll.
b. Membantu mencerahkan kulit yang kusam oleh sengatan sinar matahari.
c. Membantu kelembutan dan elastisitas kulit.
d. Mempercepat regenerasi dan mengangkat sel-sel kulit mati.
e. Mengurangi dan menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah.
f. Membantu mengurangi dan menyembuhkan jerawat.
g. Membantu mengurangi komedo pada kulit.

Baca juga:  Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

7. Menjaga kesehatan mata
Manfaat buah mangga untuk kesehatan berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Nutrisi dan vitamin di dalam buah mangga juga bisa membantu merawat kesehatan mata manusia.

8. Mencegah dan membantu mengobati diabetes
Mangga dikenal mampu meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh yang akan membantu dalam merawat dan mencegah penyakit diabetes. Selain daging buah mangga, daun mangga juga sangat bermanfaat untuk membantu penyembuhan diabetes. Merebus daun mangga dan kemudian meminum air hasil rebusan daun mangga sangat membantu merawat dan mecegah penyakit diabetes.

9. Mengurangi panas dalam
Manfaat buah mangga untuk kesehatan berikutnya adalah membantu mengurangi panas dalam. Buah mangga secara alami dapat membantu mengurangi panas dalam yang bisa mengakibatkan sariawan, bau mulut tak sedap, kesehatan tenggorokan dll. Daripada meminum larutan penyegar instan alangkah lebih baik mengkonsumsi mangga supaya tubuh mendapat asupan yang lebih alami.

10. Membantu mengurangi mau badan
Vitamin dan nutrisi yang ada di dalam buah mangga juga terbukti bisa membantu mengurangi bau badan yang tidak sedap akibat keringat yang berlebihan.

11. Mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit
Banyak penyakit yang bisa dicegah jika kita rajin mengkonsumsi buah mangga. Penyakit-penyakit yang bisa dicegah jika kira rajin mengkonsumsi mangga adalah :

a. Rematik
b. Hernia
c. Mencegah gangguan menstruasi pada wanita
d. Mencegah dan menyembuhkan influenza
e. Membersihkan darah kotor
f. Menjaga kesehatan dan kekuatan tulang

Tentunya manfaat buah mangga untuk kesehatan yang sudah disebutkan diatas harus tetap di imbangi dengan pola hidup yang sehat. Tidak ada gunanya mengkonsumsi banyak sekali buah mangga jika kita tidak memiliki pola hidup sehat dan juga pola makan yang teratur dan menyehatkan. Dan tentunya buah mangga ini adalah buah musiman yang tidak ada sepanjang hari di negara kita. Itulah banyak sekali manfaat buah mangga yang bisa kita rasakan. Selain memiliki rasa yang nikmat, zat-zat yang terkandung juga sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × one =