Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Para penggemar dan penikmat sayur pasti sudah sering sekali memasukkan brokoli sebagai salah satu menu makanan mereka. Seperti yang kita tahu brokoli biasanya dapat ditemukan sebagai pelengkap sayuran sop. Brokoli memiliki banyak gizi dan sangat-sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa kandungan dan vitamin yang dimiliki brokoli yaitu kandungan vitamin B, vitamin A, C dan K, tinggi serat, sebagai antioksidan dan zat besi. Apa saja manfaat brokoli untuk kesehatan mari kita simak dibawah ini.

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan
1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan Vitamin C pada brokoli akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk melawan infeksi dan mengeluarkan berbagai macam racun di dalam tubuh.

2. Membantu mencegah kanker
Manfaat brokoli untuk kesehatan berikutnya yaitu membantu mencegah kanker. Beberapa kanker yang bisa dicegah dengan rajin mengkonsumsi brokoli yaitu kanker ovarium, kanker payudara, kanker usus besar, kanker kandung kemih dan prostat.

Manfaat brokoli untuk kesehatan
Manfaat brokoli untuk kesehatan
3. Membantu mencegah dan menghambat Osteoarthritis
Brokoli sangat banyak mengandung senyawa sulforaphane yang menurut penelitian dapat membantu menghambat dan mencegah Osteoarthritis.4. Merawat kesehatan mata
Manfaat brokoli untuk kesehatan yang berikutnya yaitu merawat kesehatan mata. Kandungan berikutnya yang ada pada brokoli adalah Vitamin A dan Lutein. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit mata seperti katarak dan makula (penyakit mata yang disebabkan degenerasi usia). Sedangkan Vitamin A seperti yang kita ketahui sangat bermanfaat untuk membantu dan menjaga kesehatan mata.

5. Membantu memperbaiki kerusakan kulit
Manfaat brokoli untuk kesehatan kulit juga ada. Hal ini dikarenakan brokoli memiliki kandungan glucoraphanin yang berguna membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat sengatan atau paparan sinar matahari.

Baca juga:  Manfaat Tomat untuk Kesehatan

6. Menjaga sistem saraf
Manfaat brokoli untuk kesehatan berikutnya yaitu untuk membantu kesehatan sistem saraf. Kandungan Kalium yang dimiliki brokoli sangat bermanfaat untuk menjaga sistem saraf tubuh kita.

7. Menjaga kesehatan pencernaan
Kandungan serat yang tinggi di dalam brokoli membantu kesehatan dan kelancaran pencernaan.

8. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke
Vitamin B6 dan folat bermanfaat dalam membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan yang disebutkan diatas bagaimanapun tetap harus di imbangi dengan pola hidup sehat, olahraga dan istirahat yang cukup. Anda mengkonsumsi berkilo-kilo brokoli untuk mendapatkan khasiatnya tetap akan percuma jika pola hidup tidak sehat dan tidak di imbangi dengan olahraga yang teratur maupun istirahat yang cukup. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *