Manfaat Bit untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat bit untuk kesehatan – Bit merupakan umbi-umbian berbentuk bulat dengan warna merah keunguan dan sudah banyak dijumpai di Indonesia. Daunnya bisa diolah dan dikonsumsi seperti sayur hijau pada umumnya. Bit berasal dari Mesopotamia, yang kemudian menyebar ke daratan Asia dan Eropa. Pada tanaman bit ini, yang dimanfaatkan untuk kesehatan adalah umbinya. Umbi ini tidak hanya mengandung serat tinggi, namun juga kaya akan kandungan zat besi. Sehingga sangat baik dikonsumsi para vegetarian agar tidak kekurangan zat besi yang banyak ditemukan pada daging merah.

Bit merupakan sumber Phytonutrient yang disebut betalain. Betanin dan vulgaxanthin merupakan dua betalain terbaik dari bit dan keduanya terbukti menyediakan manfaat sebagai antioksidan, anti inflamasi dan detoks. Tak seperti pigmen lain, betalain mudah rusak akibat pemasakan yang lama. Oleh karena itu di anjurkan untuk memasak bit hanya selama 15 menit atau kurang. Bit kaya akan antioksidan, namun antioksidan  pada bit bukan berasal dari betakaroten, melainkan dari dua karotenoid antioksidan yang berbeda, yaitu lutein dan zeaxanthin. Keunikan antioksidan pada bit berasal dari warna merah yang di dapat terutama dari pigmen antioksidan betalain. Bersama-sama, sebagai sumber yang baik untuk antioksidan vitamin C dan sumber yang amat baik antioksidan mangan, phytonutrient unik pada bit menyediakan dukungan antioksidan dalam suatu cara yang berbeda dibandingkan sayur-sayuran lain yang kaya antioksidan.

Manfaat bit untuk kesehatan
Manfaat bit untuk kesehatan

Manfaat bit untuk kesehatan:
1. Menurunkan tekanan darah, menyehatkan jantung dan pembuluh darah
Manfaat bit untuk kesehatan yang pertama yaitu untuk membantu mengatasi penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah. Telah terbukti secara nyata minum jus dari umbi bit ini mampu menurunkan hipertensi. Kandungan nitratnya yang juga terdapat pada sayuran berdaun hijau, menurunkan tekanan darah dan memelihara kesehatan jantung.2. Meningkatkan stamina
Manfaat bit untuk kesehatan berikutnya adalah mampu membantu meningkatkan stamina. Minum jus bit bisa membantu orang untuk berolah raga lebih lama. Hal ini disebabkan kandungan nitratnya mengurangi pengeluaran atau pembakaran oksigen saat berolah raga, sehingga rasa lelah berkurang.

Baca juga:  Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan

3. Detoksifikasi tubuh dan pembersihan isi perut serta mengatasi masalah wasir
Manfaat bit untuk kesehatan berikutnya adalah sebagai detoksifikasi. Sebagai detoks, bit  dibuat jus bersama dengan buah apel dan pir. Air rebusan bit juga bermanfaat untuk memperlancar buang air besar.

4. Mengatasi masalah anemia
Tingginya kandungan zat besi yang terkandung dalam bit mampu mengaktifkan kembali dan meregenerasi  sel darah merah serta mensuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

5. Membantu mengatasi masalah pencernaan
Bila anda mengalami masalah pencernaan, rasa mual dan nyeri, diare, disentri, bisa minum jus bit yang dicampur wortel dengan satu sendok makan jus lemon atau jeruk nipis.

6. Pembersih alami untuk ginjal dan kandung empedu
Ginjal dan kandung empedu merupakan organ penting dalam tubuh, yang berfungsi untuk menyaring racun dan zat-zat berbahaya lainnya. Kombinasi jus bit, wortel, dan mentimun sangat baik untuk membersihkan ginjal dan kandung empedu dari racun yang tertimbun di kedua organ penyaring tersebut.

Kombinasi molekul-molekul antioksidan dan anti inflamasi pada bit menjadikan bit kandidat potensial untuk mengurangi resiko berbagai jenis kanker. Ada yang menganggap bahwa jus bit merupakan jus terbaik untuk kesehatan lantaran mengandung gula alami, sodium, potassium, fosfor, kalsium, magnesium, sulfur, klorin, iodine, zat besi, copper, vitamin B1, B2, C, dan P. Kandungan bit menyeimbangkan kadar basa dan asam, karena itu bit amat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Meskipun bit mengandung karbohidrat, kalorinya rendah sehingga tidak beresiko menaikkan berat badan sehingga sangat menunjang bagi Anda yang sedang melakukan diet ketat. Itulah berbagai kandungan gizi serta manfaat bit untuk kesehatan yang perlu kita ketahui.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *