Manfaat Aromaterapi untuk Kecantikan (1)

Manfaat aromaterapi – Aroma terapi merupakan bagian dari sekian banyak metoda pengobatan alami yang telah digunakan selama berabad-abad lamanya. Meski pamornya sempat menurun seiring berkembangnya pengobatan modern, namun kini metode ini populer kembali. Bahkan semakin diminati, sejajar dengan pengobatan modern.

Apa itu aroma terapi? Istilah ini mulai populer kembali pada awal milenia ketiga, seiring dengan terangkatnya kembali pengobatan tradisional. Upaya ini berkaitan erat dengan semakin besarnya perhatian masyarakat terhadap keunggulan aroma terapi. Hal ini sangat beralasan, karena cara terapi ini mampu membantu meningkatkan kecantikan dan kesehatan luar dan dalam dengan cara yang mudah dan nyaman. Aroma terapi dapat diartikan sebagai: suatu cara perawatan dan atau penyembuhan tubuh dengan menggunakan minyak esensial.

Manfaat aromaterapi
Manfaat aromaterapi untuk kecantikan

Penggunaan aroma terapi untuk keperluan kosmetik maupun pengobatan juga dikembangkan oleh bangsa-bangsa Arab. Pada masa tersebut tercatat nama Abu Ali al-Husain bin Abdullah bin Sina (980-1037), seorang dokter dan ahli farmasi muslim yang lebih populer dengan nama Ibnu Sina (Avecina). Beliaulah yang pertama kali memperkenalkan cara-cara memisahkan kandungan minyak esensial dari suatu tanaman. Metode yang ditemukannya ini selanjutnya dikenal dengan tekhnik penyulingan (distilasi).

Kelebihan dan keunggulan aroma terapi
Sekalipun metode yang digunakan tergolong sederhana, namun cara terapi ini memiliki beberapa keunggulan dan kelebihan dibandingkan dengan metode penyembuhan lainnya, antara lain :

  • Biaya yang dikeluarkan relatif murah.
  • Bisa dilakukan dalam berbagai tempat dan keadaan.
  • Tidak mengganggu aktivitas yang bersangkutan.
  • Bisa menimbulkan rasa senang pada orang lain.
  • Cara pemakaiannya tergolong praktis dan efisien.
  • Efek yang ditimbulkannya tergolong cukup aman bagi tubuh.
  • Khasiatnya terbukti cukup manjur dan tidak kalah dengan metode terapi lainnya.
Manfaat aromaterapi untuk kecantikan
Aroma terapi memiliki peran penting dalam bidang kecantikan. Sejak lama metode terapi ini telah bannyak membantu dalam perawatan tubuh secara fisik maupun secara nonfisik. Peran aroma terapi ditunjukkan dengan memanfaatkan potensi minyak esensial sebagai kosmetik alami. Beberapa potensi minyak esensial ibi bagi kecantikan, antara lain:

1. Pelembut dan pelembab
Manfaat aromaterapi untuk menghaluskan kulit tubuh; minyak esensial yang cocok adalah minyak chamomile, minyak wortel, minyak nilam dan campuran dari ketiga bahan tersebut. Bahan lainnya yang sering digunakan adalah minyak cendana, jasmine, elder, saripati rimpang iris dan bunga violet. Beberapa minyak esensial tersebut sangat baik untuk digunakan pada saat mandi, atau sesudahnya dalam bentuk body wash dan herbal bath. Bisa juga digunakan sebagai parfum atau aroma terapi hirup.

Untuk membuat ramuan penghalus muka yang berupa linimen (larutan dalam minyak), gunakan minyak zaitun sebagai minyak basal (minyak dasar) ataupun krim emolien dasarnya. Teteskan 5-10 tetes aroma terapi kedalam 50ml minyak zaitun. Ramuan ini dapat dioleskan secara merata pada bagian kulit atau bisa dicampur dengan air hangat dan digunakan sebagai kompres wajah.

Sebagai bahan pelembab, bisa memilih produk dengan kandungan minyak lavender, iris, jasmine, mawar, chamomile dan ylang-ylang. Untuk membuat pelembab alami sederhana, campurkan minyak zaitun dengan salah satu minyak esensial tersebut. Selanjutnya, campur dengan air hangat dan gunakan untuk kompres wajah selama 5-10 menit.Untuk jenis kulit kering, sebaiknya memakai pelembab dengan bahan dasar minyak biji bunga matahari, almond, jojoba, ricebran atau alpukat. Pelembab ini mudah diserap baik sebagian atau seluruhnya oleh kulit.

Untuk jenis kulit berminyak, gunakan pelembab yang berbentuk jel alami dengan campuran minyak esensial. Minyak dari buah alpukat mengandung vitamin A, B, dan C, senyawa steroid, lesitin dan lain-lain. Sehingga bisa digunakan sebagai emoliensi, kosmetik pelindung, nutrisi dan water repellent.

2. Pembersih dan pemutih
Manfaat aromaterapi untuk kecantikan berikutnya adalah sebagai pembersih dan pemutih. Minyak mawar, lavender dan thyme merupakan jenis minyak esensial yang biasa dipakai sebagai pembersih muka, sabun ataupun shampoo. Minyak jenis ini juga banyak ditemukan dalam bentuk air mawar, air kenanga, dan sebagainya. Selain untuk membersihkan kulit, aroma minyak esensialnya juga mengandung bahan antiseptik yang dapat membasmi kuman. Gunakan kapas untuk mengoleskan minyak esensial tersebut dalam campuran minyak basal. Dengan cara seperti itu, kotoran yang ada pada muka akan mudah terangkat sekaligus membunuh kuman.Untuk pencerah wajah, gunakan produk minyak esensial yang berfungsi sebagai sumber nutrisi , tonik dan penyegar. Minyak ini dapat dibuat sebagai nutrisi kulit ataupun cairan pembersih. Minyak esensial dari chamomile, mawar dan lain-lain bisa dilarutkan dalam air saat mandi berendam.

Baca juga:  Manfaat Aromaterapi untuk Kecantikan (2)

3. Pemutih
Agar kulit tubuh atau wajah tampak putih, gunakan sabun mandi yang mengandung minyak bunga lily. Selain itu juga bisa menggunakan campuran dari minyak bunga lily dengan saripati bunga geranium, aroma minyak mawar ataupun cendana, yang dipakai untuk air mandi. Menggunakan aroma bunga melati, elder, lavender, jeruk atau bunga violet sebagai ramuan untuk membuat bedak wangi.

4. Jerawat dan noda hitam
Manfaat aromaterapi yang berikutnya adalah untuk mengobati jerawat dan noda hitam. Untuk mengatasi jerawat dan noda hitam, gunakan 6 tetes minyak jeruk, 8 tetes minyak kenanga, 4 tetes minyak kayu kencana dan 50 ml minyak basal. Bisa juga memakai 10 tetes minyak sereh, 10 tetes minyak kenanga dan 50 ml minyak basal. Untuk keperluan anti jerawat, oleskan campuran minyak tersebut dengan lembut pada kulit muka. Atau menggunakan 10 tetes minyak jeruk, 10 tetes minyak cengkeh, dan 50 ml minyak basal yang kemudian dioleskan secara khusus pada titik jerawat.

5. Kulit berminyak
Campurkan 20 tetes minyak kenanga bersama50 ml minyak basal. Begitu juga dengan 10 tetes minyak lemon, 10 tetes minyak kenanga dan 50 ml minyak basal. Resep ramuan tersebut bisa digunakan untuk terapi pijat pada kulit muka. Untuk kulit muka berminyak disertai dengan pembesaran pori-pori, buatlah ramuan dengan 5 tetes minyak nilam, 5 tetes minyak sereh, 10 tetes minyak kenanga dan 50 ml minyak basal.

6. Kulit sensitif
Manfaat aromaterapi untuk mengatasa kulit sensitif yaitu; buatlah campuran 20 tetes minyak mawar dan 50 ml minyak basal. Oleskan pada kulit perlahan-lahan. Namun, segera hentikan terapi ketika terjadi iritasi pada kulit.

7. Anti kerut
Manfaat aromaterapi untuk kecantikan berikutnya adalah sebagai anti kerut. Minyak chamomile adalah salah satu diantara miyak esensial tumbuhan yang sering digunakan untuk perawatan kulit. Minyak ini banyak dipakai dalam pembuatan sabun, hand body lotion, vaselin, body scrub dan body wash. Untuk membuat ramuan sendiri, beberapa tetes minyak chamomile yang diencerkan dalam air hangat sebagai kompres.Cara lainnya yaitu dengan memakai aroma uapnya yang hangat untuk mandi sauna, uap masker wajah ataupun kompres hangat. Bahan-bahan lainnya yang biasa digunakan untuk mengatasi masalah kerut wajah adalah minyak bunga mawar, melati, sedap malam, kenanga, cempaka, rosemary, lily, germanian, sandalwood, lavender dan nilam. Sementara sebagai pengemulsi, bisa menggunakan minyak benih biji jagung dan gandum, serta dari biji kapuk yang kaya vitamin E yang dapat menghilangkan kerutan pada kulit.

Atau bisa juga melakukan pemijatan lembut pada wajah menggunakan campuran 10 tetes minyak lemon, 10 tetes minyak mawar, 10 tetes minyak nilam dan 50 ml minyak basal atau dengan 10 tetes minyak lemon, 10 tetes minyak mawar dan 50 ml minyak basal. Ini bisa membantu mengatasi kerut pada kulit wajah saat menopause.

Itulah beberapa diantaranya manfaat aromaterapi untuk kecantikan. Masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda ketahui di artikel berikutnya. Jadi tetap ikuti dan baca artikel bagian ke 2 tentang manfaat aromaterapi untuk kecantikan. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − fifteen =