Manfaat Aromaterapi untuk Kecantikan (2)

Aroma terapi merupakan bagian dari sekian banyak metoda pengobatan alami yang telah digunakan selama berabad-abad lamanya. Meski pamornya sempat menurun seiring berkembangnya pengobatan modern, namun kini metode ini populer kembali. Bahkan semakin diminati, sejajar dengan pengobatan modern. Oleh karena itu saat ini kami akan mengupas manfaat aromaterapi untuk kesehatan dan kecantikan.

Apa itu aromaterapi?
Istilah ini mulai populer kembali pada awal milenia ketiga, seiring dengan terangkatnya kembali pengobatan tradisional. Upaya ini berkaitan erat dengan semakin besarnya perhatian masyarakat terhadap keunggulan aroma terapi. Hal ini sangat beralasan, karena cara terapi ini mampu membantu meningkatkan kecantikan dan kesehatan luar dan dalam dengan cara yang mudah dan nyaman. Aroma terapi dapat diartikan sebagai: suatu cara perawatan dan atau penyembuhan tubuh dengan menggunakan minyak esensial.

Manfaat aromaterapi
Manfaat aromaterapi untuk kecantikan
Manfaat Aromaterapi untuk Kecantikan
8. Nutrisi dan Tonik
Sumber nutrisi yang sangat baik bagi perawatan kulit, rambut dan organ lainnya adalah bahan-bahan yang mengandung vitamin-vitamin seperti vitamin A, E, C dan D. Juga ada asam gamma linoleat yang berfungsi sebagai antioksidan yang juga berperan dalam metabolisme sel kulit. Adapun kandungan ini bisa didapatkan pada minyak biji bunga matahari, almon, alpukat, jojoba, biji anggur, serta minyak benih gandum dan jagung. Minyak-minyak tersebut dalam aroma terapi disebut sebagai minyak basal (tidak mengandung minyak atsiri) yang dipakai sebagai minyak perantara untuk mengencerkan minyak aroma terapi lainnya.

9. Tonik rambut
Minyak jasmine, rose, pandan, germanian, bergamot, rosemary dan sandalwood (cendana) merupakan beberapa minyak esensial yang baik untuk tonik rambut. Manfaat tonik ini antara lain; untuk merangsang regenerasi sel-sel pada jaringan folikel kulit dimana rambut tumbuh dan memberi nutrisi pada akar rambut, sehingga rambut tidak mudah rontok. Selain itu tonik ini juga sangat berguna dalam pigmentasi rambut dan menjadikannya hitam berkilau. Juga untuk member nutrisi, bisa menggunakan minyak esensial benih biji gandum, jojoba dan minyak adas.

10. Pemijatan dan relaksasi
Manfaat aromaterapi yang berikutnya adalah untuk pemijatan dan relaksasi. Cara terapi dengan pemijatan dapat berfungsi sebagai upaya mengembalikan bentuk atau postur tubuh yang ideal. Juga dapat mengembalikan fugsi metabolisme tubuh dari gangguan faktor internal dan eksternal. Kegunaannya antara lain mengendalikan fungsi sistem peredaran darah dan metabolisme hormonal.

11. Kebugaran
Dalam metode pemijatan terdapat berbagai jenis minyak esensial yang bisa digunakan, terutama untuk perawatan otot-otot wajah agar menjadi kencang dan menarik. Juga untuk memperbaiki penampilan pada rona wajah, yaitu dengan mengembalikan sirkulasi darah ke paras muka. Contohnya; minyak rosemary, peppermint, mawar, lada hitam dan champor.

12. Relaksasi
Manfaat aromaterapi berikutnya adalah untuk relaksasi. Tujuannya untuk mengendurkan otot-otot di sekitar wajah dan saraf-saraf yang tegang agar bisa kembali normal. Relaksasi dapat membantu dalam melancarkan fungsi sistem saraf dan fungsi sirkulasi peredaran darah sehingga bisa mempengaruhi kerja metabolisme tubuh. Pijatan dapat dilakukan melalui akupresur dengan minyak urut.

Baca juga:  Jamu Tradisional: Ramuan Alami Perawatan Tubuh

13. Penyegar dan pengharum
Digunakan untuk menyehatkan kulit. Artinya, dengan memakai produk aromaterapi ini pori-pori kulit tertutup kembali setelah dibuka dengan pembersih. Pori-pori yang tertutup membuat permukaan kulit menjadi lebih lembut dan kemyal. Idealnya, produk penyegar harus mengandung kadar pH yang cocok dengan kondisi kulit agar lapisan asam lemaknya ikut terbuang.

Penyegar yang menggunakan bahan dari minyak jeruk, lavender dan mawar dapat memberikan aerasi pada lapisan kulit. Selain itu, bisa memakai minyak pala, elder, selasih dan palmrose. Minyak ini mengandung senyawa geraniol yang berperan sebagai penyegar bagi lapisan epidermal kulit. Untuk penyegar internal bisa menggunakan minyak mint dan peppermint.

Di antara jenis minyak esensial yang biasa di gunakan untuk mengatasi masalah keringat adalah minyak selasih dan sirih. Minyak dari tanaman ini sangata baik untuk campuran body wash, sabun mandi maupun untuk deodorant. Cara ini lebih efektif dan alami jika memakai herba selasih atau kemangi sebagai lalapan. Di dalamnya terdapat Imetil kavikol dan linalol yang dapat meluruhkan keringat, menyegarkan mulut dan menghilangkan bau badan.

14. Tabir surya
Manfaat aromaterapi berikutnya adalah untuk digunakan sebagai tabir surya. Di antara minyak esensial yang bisa dipakai untuk tabir surya adalah minyak kenanga (ylang-ylang). Minyak ini bisa berbentuk sediaan topical tunggal atau campuran dengan bahan lain berupa minyak basal seperti minyak alpukat, benih biji gandum dan jagung. Dalam minyak basal ini terdapat kandungan vitamin E, antioksidan yang dapat berfungsi sebagai pelindung kulit dari kerusakannya akibat faktor lingkungan seperti debu, panas, radiasi dan lain-lain.

Tabir surya amat bermanfaat bagi kulit dari pengaruh panas sinar matahari. Khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah tropis yang terik mataharinya bisa membakar lapisan epidermal terluar dan membuat kulit mengalami perubahan pigmentasi menjadi lebih gelap. Dengan menggunakan tabir surya dari minyak kenanga, diharapkan kesehatan kulit selalu terjaga.

15. Mengatasi stretch mark
Kondisi ini bisa diatasi dengan memakai 10 tetes minyak mawar, 30 tetes minyak frankincense dan 50 ml minyak basal. Gunakan beberapa tetes minyak tetes tersebut sebagai minyak gosok pada bagian yang dikehendaki hingga terserap sempurna.

16. Peremajaan kulit
Untuk meremajakan kulit, oleskan secara teratur pada kulit muka dan pijat dengan perlahan-lahan, campuran minyak aromatis yang terbuat dari 25 tetes minyak kayu cendana dan 50 ml minyak basal. Resep ini juga bisa untuk mengembalikan keremajaan sel-sel kulit ibu yang baru melahirkan (6 bulan setelah melahirkan) dan menyusui.

Sangat banyak sekali manfaat aromaterapi bagi kehidupan kita terutama untuk kesehatan dan juga untuk kecantikan. Anda bisa mendapatkan olahan aromaterapi di toko-toko herbal atau toko kimia yang mengolah aromaterapi namun cari yang masih murni dan belum ada campuran bahan-bahan kimia yang biasanya untuk memperkuat bau aromaterapi. Semoga ulasan panjang tentang manfaat aromaterapi bagi kesehatan dan kecantikan ini bermanfaat untuk Anda.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − five =