Manfaat Anggur untuk Kesehatan

Anggur diperkirakan merupakan tanaman tertua yang dibudidayakan oleh manusia. Biji anggur ditemukan dalam mumi di Mesir yang usinya telah mencapai lebih dari 3000 tahun. Tanaman ini diperkirakan berasal dari sekitar Laut Hitam dan Laut Kaspia, yang kemudian menyebar ke Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Eropa, dan berlanjut ke Asia, termasuk Indonesia. Kulit buahnya berwarna merah kehitaman, hijau, kuning keemasan, atau ungu dan dilapisi tepung. Daging buah ini mempunyai rasa manis bercampur asam dengan kandungan air yang cukup banyak. Manfaat anggur untuk kesehatan sangat banyak karena memiliki kandungan gizi dan zat-zat penting lain yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Mari kita simak uraian berikut ini.

Manfaat anggur untuk kesehatan melalui zat penting yang ada di dalam anggur:
1. Magnesium
Selain sebagai buah meja, anggur juga dimanfaatkan sebagai pengobatan alami gangguan pencernaan. Khasiat ini didapatkan dari kandungan magnesium pada anggur yang sangat penting bagi fungsi sistem pencernaan. Kandungan serat kasar pada kulit buah anggur juga meningkatkan kemampuan anggur untuk membersihkan usus.

Manfaat anggur untuk kesehatan
Manfaat anggur untuk kesehatan

2. Mangan
Kandungan mangan pada buah ini termasuk unggul karena nilai nutrisinya sangat tinggi. Mangan sangat diperlukan tubuh dalam sintesis energi sehingga membantu menjaga kestabilan gula di dalam darah. Mangan juga diperlukan  untuk metabolisme lemak dan pembentukan jaringan ikat dan tulang.

3. Vitamin C
Vitamin C dikenal sebagai senyawa utama yang dibutuhkan tubuh dalam berbagai proses penting. Mulai dari pembuatan kolagen, pengangkutan lemak, pengangkutan elektron dari berbagai reaksi enzimatik, pemacu gusi sehat, penyembuhan luka, pengatur tingkat kolesterol, pemicu kekebalan tubuh, serta meningkatkan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal.

4. Vitamin B6
Kandungan vitamin B6 pada anggur sangat penting bagi otak agar dapat berfungsi dengan baik, membentuk protein, hormon dan sel darah merah.

5. Thiamin
Thiamin berperan untuk fungsi sistem saraf. Thiamin juga merupakan anti beri-beri dan anti neuritik.

Baca juga:  Manfaat Strawberry untuk Kesehatan - Buah Cinta Kaya Antioksidan

6. Kalium
Kalium pada anggur ditengarai bermanfaat untuk mengendalikan tingkat tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh sehingga menjadikan tubuh terasa segar. Mineral ini juga mampu mengontrol tekanan darah tinggi dan mencegah serangan stroke.

7. Antioksidan Pycnogenol
Buah anggur sangat baik jika dikonsumsi dengan kulit dan bijinya karena kaya akan Pycnogenol. Pycnogenol berfungsi sebagai penguat dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Senyawa ini bersifat anti penuaan yang menghambat proses penuaan karena kemampuannya memperlambat mutasi sel.

8. Flavonoid
Zat ini banyak terkandung dalam kulit buah anggur. Zat ini berperan penting dalam merawat dan membersihkan pembuluh darah dari penyumbatan untuk mengatasi resiko stroke dan darah tinggi. Kandungan flavonoid pada anggur memiliki antioksidan yang lebih besar dibandingkan vitamin C.

9. Proanthocyanidin
Zat ini berfungsi  memperbaiki masalah sirkulasi dan menurunkan gangguan mata macular degeration, yang menjadi penyebab utama kebutaan di dunia. Zat ini juga ditemukan dalam beberapa buah dan sayuran, namun kandungan dalam anggur merupakan yang tertinggi.

10. Magnesium dan serat kasar
Manfaat anggur untuk kesehatan berikutnya adalah sebagai pencahar alami. Magnesium dan serat kasar yang melimpah dalam kulit buah ini membuat anggur bermanfaat sebagai pencahar alami. Hal ini meningkat lantaran kedua zat pada anggur ini memang diperkaya dengan zat pencahar ringan.

11. Kandungan lain
Selain kandungan diatas, anggur juga mengandung protein, serat, kalsium, zat besi, fosfor, riboflavin, niacin, vitamin E, vitamin K dan lain-lain.

Dengan membaca uraian diatas bisa kita ketahui jika anggur memiliki banyak zat-zat penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dan sebagai catatan jangan terlalu banyak mengkonsumsi buah anggur jadi silahkan dinikmati secukupnya agar mendapatkan efek manfaat anggur untuk kesehatan tubuh kita.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *