Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Buah alpukat sangat terkenal sebagai buah yang paling banyak diolah menjadi jus. Buah alpukat yang sudah matang rasanya memang tidak manis namun enak untuk dinikmati daging buahnya. Terkadang untuk menambah rasa manis beberapa orang menambah gula atau susu kental manis untuk menikmati bauh ini. Buah ini pada awalnya berasal dari Negara Mexico. Manfaat buah ini sangat-sangat banyak. Baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Mari kita mengupas berbagai manfaat alpukat untuk kehidupan manusia.

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan
1. Berguna untuk mengobati sariawan
Jika anda sering mengalami masalah sariawan, ada baiknya rajin mengkonsumsi buah ini. Kandungan vitamin yang ada di buah alpukat sangat bermanfaat untuk memberi asupan agar anda terhindar dan menyembuhkan penyakit sariawan.

Manfaat alpukat untuk kesehatan
Manfaat alpukat untuk kesehatan
2. Melembabkan kulit kering
Rajin mengkonsumsi alpukat juga sangat baik untuk menjaga kulit tetap lembab dan menghindarkan dari kekeringan. Imbangi dengan rajin minum air putih.3. Nutrisi anti-inflamasi
Alpukat sebagai buah anti-inflamasi sudah diuji secara klinik dan medis. Alpukat sangat berguna untuk mencegah berbagai macam peradangan di tubuh manusia.

4. Menjaga kesehatan jantung dan mencegah sakit jantung
Kandungan lemak tak jenuh yang dimiliki oleh alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan juga mencegah penyakit menyerang jantung. Selain itu kandungan lemak tak jenuh ini juga berfungsi menjaga tekanan darah dan mencegah diabetes.

5. Menjaga kesehatan tulang
Senyawa yang terkandung di buah alpukat berguna untuk mengurangi tulang kaku dan dapat meredakan nyeri arthritis, peradangan sendi dan mengurangi rasa sakit pada rematik.

6. Melancarkan dan menjaga pencernaan
Serat juga terkandung di buah alpukat. Mengkonsumsi alpukat sebagai makanan penutup setelah makan akan membantu melancarkan pencernaan. Atau jika anda mengalami sembelit bisa mengkonsumsi buah alpukat untuk membantu menyembuhkan sembelit ini.

7. Mengurangi resiko penyakit stroke
Agar terhindar dari penyakit stroke kita bisa memulai dengan rajin mengkonsumsi buah alpukat secara rutin. Hal ini disebabkan kandungan asam folat di buah alpukat dapat mencegah terkena penyakit stroke.

8. Menjaga kesehatan mata
Manfaat alpukat untuk kesehatan berikutnya adalah untuk mencegah penyakit katarak dan degenerasi makula. Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi alpukat maka asupan Lutein akan meningkat, dan Lutein ini sangat bermanfaat untuk mata.

9. Mencegah diabetes
Buah alpukat mempunyai sifat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk rajin mengkonsumsi buah alpukat untuk mencegah terkena diabetes.

10. Mencegah sakit ginjal
Buah alpukat berkhasiat untuk menghindarkan kerusakan asam ginjal.

11. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer
Buah alpukat juga merupakan asupan kesehatan otak yang sangat baik. Kandungan Omega-3 dan Vitamin E secara alami sudah terbukti mencegah resiko terkena Alzheimer.

12. Membuang radikal bebas
Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung anti-oksidan yang berguna untuk membuang radikal bebas di dalam tubuh melalui cairan keringat atau air kencing.

Baca juga:  Manfaat Mangga - Si Raja Buah Kaya Antioksidan

13. Menyehatkan rambut
Gunakan ampas jus alpukat untuk di usapkan ke seluruh rambut. Gunakan seperti ketika anda berkeramas. Diamkan selama 10-15 menit setelah itu bilas hingga bersih (jangan menggunakan shampo, bilas dengan air saja).

Manfaat Alpukat untuk Kecantikan
1. Mencerahkan kulit
Kandungan Vitamin C dan Vitamin E di buah alpukat sengat berguna untuk menjaga kesehatan kulit terutama untuk membantu mencerahkan kulit, mencegah penuaan dini, menjaga elastisitas kulit dan sebagainya.

2. Menyembuhkan jerawat
Gunakan masker buah alpukat jika anda mengalami masalah dengan jerawat di wajah.

Manfaat Alpukat untuk Kehamilan
1. Mencegah bayi cacat lahir
Asupan gizi dan nutrisi dari buah alpukat sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko bayi lahir dalam keadaan cacat. Kami sarankan anda rajin mengkonsumsi buah alpukat selama masa kehamilan.

2. Menjaga kesehatan perkembangan janin
Kandungan asam folat sangat baik untuk perkembangan otak janin yang di dalam kandungan.

3. Mencegah Anemia
Beberapa ibu hamil rawan kekurangan zat besi yang mengakibatkan Anemia. Upaya untuk menambah zat besi bisa dibantu dengan mengkonsumsi buah alpukat.

4. Mengurangi rasa lapar
Jika anda selalu merasa lapar yang berlebihan, makanlah buah alpukat hingga anda merasa kenyang. Memakan buah alpukat tidak ada efek negatif ketika anda hamil. Daripada ngemil makanan mengandung bahan-bahan berbahaya untuk janin akan lebih sehat mengenyangkan perut dengan alpukat.

5. Mengurangi kaki kram / bengkak
Kaki bengkak atau kram adalah kondisi normal yang dialami ibu hamil seiring bertambahnya berat bobot tubuh. Selama hamil pastikan mengkonsumsi buah alpukat untuk mengurangi kram-kram pada kaki anda.

6. Memenuhi kebutuhan kalsium
Kalsium sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Dan juga untuk membantu tumbuh kembangnya tulang pada janin.

7. Menjaga kadar gula darah
Menjaga kadar gula tetap seimbang sangat penting untuk ibu hamil. Jika ibu hamil mengalami resiko diabetes, konsumsi saja buah alpukat minimal 1 kali sehari. Nikmati dalam bentuk jus tanpa campuran apapun atau langsung makan daging buahnya.

8. Mengurangi rasa mual
Alpukat memiliki kandungan Vitamin B6 yang berfungsi menurunkan tingkat keasaman pada lambung. Terutama untuk ibu hamil. Jika anda merasakan mual yang berlebih, silahkan konsumsi buah alpukat.

Luar biasa sekali berbagai manfaat alpukat untuk kehidupan manusia. Manfaat alpukat untuk kesehatan sangat banyak, manfaat alpukat untuk kecantikan juga ada, dan manfaat alpukat untuk kehamilan juga ada. Yang mungkin menjadi nilai minus alpukat adalah buah ini adalah buah musiman jadi tidak selalu ada. Jadi jika anda menemukan penjual buah alpukat, jangan menunda untuk segera membelinya. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *