Kanker Prostat: Penyakit Berbahaya Bagi Kaum Pria

Kanker prostat merupakan sekelompok sel abnormal yang tumbuh mengganas pada kelenjar prostat. Kelenjar prostat merupakan suatu sistem reproduksi pria yang terdapat di bawah kandung kemih dan di depan anus. Penyakit ini berkembang dengan cepat, ketika telah memasuki stadium lanjut. Karena itulah sel ini mudah menyebar ke berbagai organ lainnya. Penyebarannya bisa di bagian tulang, terutama tulang belakang dan tulang panggul.

Untuk bisa menghindari serangan penyakit ini, ada baiknya jika kita mengetahui berbagai gejala, sebab, serta pencegahannya sedini mungkin. Sehingga ancaman dari kanker ini bisa dihindari atau diobati sedini mungkin.

Waspada gejala kanker prostat
Waspada gejala kanker prostat

Kanker prostat ini pada serangan awal tidak menimbulkan gejala yang khusus. Hal ini dikarenakan pertumbuhan sel ini pelan, sehingga tidak nampak adanya masalah serius. Hal ini menyebabkan penderita tidak menyadari bahwa mereka terkena kanker. Namun demikian ada beberapa bentuk kanker prostat yang bersifat agresif dan menyebar ke berbagai tubuh lainnya, sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, terlebih lagi ketika akan buang air kecil.

Ketika kanker prostat ini telah menyebar ke tulang, maka tulang akan merasa nyeri dan rapuh sekaligus mengakibatkan tulang mudah patah. Bukan hanya tulang, ketika kanker ini tumbuh semakin besar maka akan mengakibatkan anemia yang bisa menyebar ke otak. Sehingga  bisa menyebabkan kejang serta gejala mental lainnya. Pada tahap ini, resiko terjadi nya kematian sangat besar.

Adapun beberapa gejala kanker prostat yang mungkin timbul dan kerap dirasakan oleh penderita kanker prostat stadium lanjut adalah sebagai berikut:
1. Sering buang air kecil, terutama pada malam hari.
2. Kesulitan menahan air seni atau memulai buang air kecil.
3. Aliran air seni terganggu atau lemah.
4. Adanya darah pada air seni atau sperma.
5. Sering nyeri atau kaku di punggung bawah, panggul atau bahu atas.
6. Rasa nyeri saat buang air kecil seperti terbakar.
7. Gangguan seksual lain, seperti kesulitan ereksi atau nyeri saat ejakulasi.

Jika anda mengalami beberapa gejala seperti diatas segeralah memeriksakan diri untuk memastikan positif atau tidaknya anda mengidap penyakit ini. Anda hanya perlu melakukan tes sederhana yang disebut Digital Rectal Examination yang bisa anda lakukan dengan bantuan dokter. Deteksi ini sangat dianjurkan untuk pria yang memasuki usia 45-49 tahun. Karena pada usia itulah kanker biasanya menyerang. Jika skrinning dilakukan diatas usia tersebut, maka akan susah melakukan penanganan, karena kanker prostat akan terlalu besar. Dengan demikian, pastikan anda memeriksakan diri tepat waktu untuk menghindari kanker ini.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti apa penyebab kanker prostat ini. Namun beberapa hal yang diketahui dapat meningkatkan resiko kanker ini antara lain:

1. Faktor usia
Kanker ini kebanyakan ditemukan pada pria berumur diatas 60 tahun. Meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi di usia muda, kasus seperti ini jarang ditemui pada usia dibawah 40 tahun.

Baca juga:  Penyakit Periodontal: Penyakit Gigi Berbahaya

2. Faktor genetik
Seorang pria yang memiliki riwayat penyakit ini di dalam keluarganya, mempunyai resiko lebih tinggi terserang kanker prostat dibandingkan dengan pria yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut dalam keluarganya.

3. Selain kedua hal diatas, beberapa faktor yang diyakini bisa memicu serangan kanker ini adalah merokok, kelebihan berat badan, dan hormon testosteron.

Langkah pencegahan bisa dilakukan dengan bebagai macam cara. Selain menghindari faktor resiko seperti diatas, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan, antara lain:

1. Konsumsi sayuran
Terapkan pola hidup sehat dengan memperbanyak konsumsi sayuran. Seperti yang kita ketahui, sayuran memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu nutrisi yang secara berkesinambungan membantu mencegah kanker prostat adalah lycopene, yang banyak terdapat pada tomat. Selain itu, sayuran hijau juga dapat membantu tubuh memecah zat karsinogen.

2. Konsumsi delima
Buah delima ini mampu menurunkan resiko dan mengurangi berkembangnya kanker prostat menjadi lebih parah. Selain itu, delima kaya flavonoid, yaitu salah satu jenis antioksidan yang efektif menangkal berbagai jenis kanker.

3. Konsumsi buah tomat dan kedelai
Tomat kaya akan lycopene, sedangkan kedelai kaya akan nutrisi yang salah satunya adalah isoflavon. Jika keduanya dimakan secara bersamaan, maka keduanya akan bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker prostat. Tidak hanya tomat dan kedelai saja, buah dengan warna merah kekuningan seperti semangka, jambu biji, dan melon juga kaya akan lycopene. Buah buahan ini telah teruji klinis sebagai makanan pencegah kanker pankreas, payudara dan kanker prostat.

4. Berhenti merokok
Lagi-lagi merokok merupakan sumber berbagai macam penyakit, tak terkecuali dengan kanker prostat ini. Bahkan ketika kanker prostat ini sembuh, namun penderita tetap merokok, resiko kambuh akan semakin besar hingga menyebabkan kematian. Selain itu perokok juga lebih mungkin untuk memiliki bentuk yang lebih agresif dari kanker prostat.

5. Berolahraga
Olah raga membuat tubuh kita bugar, sehingga tubuh kita tidak akan mudah terserang berbagai macam penyakit, termasuk kanker prostat ini. Pilihlah olahraga ringan namun berkesinambungan, seperti jalan kaki, bersepeda, berenang dan lain-lain.

6. Konsumsi teh hijau
Teh hijau yang rutin diminum, setidaknya enam cangkir per-harinya, berkhasiat menekan dan menghambat pertumbuhan kanker prostat. Penelitian di Cina menemukan bahwa pria yang mengkonsumsi tiga cangkir teh hijau perharinya, bisa menurunkan resiko kanker prostat sebanyak 70%.

7. Perbanyak konsumsi ikan laut
Para ahli merekomendasikan beberapa ikan saja untuk mencegah atau menghambat pertumbuhan kanker prostat ini, yakni ikan ikan berlemak seperti salmon, tuna, makarel, sarden, dan lainnya. Ikan laut berlemak kaya akan asam lemak omega-3 yang di ketahui dapat menurunkan resiko kanker prostat.

Demikianlah beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang gejala kanker prostat. Semoga dengan adanya ulasan tentang tanda-tanda, penyebab dan cara mencegahnya ini kita bisa lebih waspada dan menjaga pola hidup kita agar tetap sehat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 13 =