Kanker Pankreas: Kenali Gejala dan Cara Menghindarinya

Kanker pankreas merupakan salah satu penyakit silent killer, karena kanker ini tidak menunjukkan gejala, namun baru dirasakan ketika memasuki stadium lanjut. Ketika hal ini terjadi, maka kanker akan sangat sulit untuk disembuhkan. Pankreas sendiri merupakan salah satu organ vital yang terdapat di bawah lambung dan berfungsi mengeluarkan enzim. Ketika organ ini mengalami gangguan, maka secara otomatis pankreas tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Kanker pankreas terjadi ketika sel-sel didalam pankreas mengalami mutasi genetik. Mutasi ini menyebabkan sel tumbuh tak terkendali dan terus hidup setelah sel normal mati. Sel-sel ini berkumpul dan membentuk tumor. Tumor ini bisa mengganas dan menjadi kanker. Kanker ini biasanya menembus pankreas dan menyerang jaringan di sekitarnya.

Kanker Pankreas
Anatomi Pankreas Manusia

Seperti yang telah ditulis diatas, kanker pankreas ini tidak menimbulkan gejala khusus dan samar, karena organ ini terletak di belakang organ tubuh lainnya. Gejala baru akan dirasakan penderita ketika kanker telah memasuki stadium lanjut. Mengapa demikian? Karena biasanya seseorang datang ke dokter setelah mengalami gejala berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan tanpa menyadari adannya serangan kanker ini.

Beberapa gejala kanker pankreas yang mungkin akan dirasakan oleh penderita adalah sebagai berikut :
1. Berat badan menurun secara mencolok, merupakan gejala awal dari berbagai macam kanker.
2. Putih mata dan kulit berubah warna menjadi kuning.
3. Terjadinya gangguan pencernaan.
4. Menurunnya nafsu makan.
5. Pembekuan darah.
6. Selain gejala diatas, gejala yang datang belakangan adalah timbulnya rasa nyeri pada perut, terutama nyeri pada bagian atas atau tengah perut, yang menyebar ke punggung.

Penyebab kanker pankreas belum diketahui secara pasti, namun para pakar kesehatan menemukan bahwa kebiasaan merokok sangat erat kaitannya dalam menyebabkan kanker ini. Selain itu, terdapat juga beberapa hal yang diduga sebagai penyebab kanker pankreas ini, antara lain:

Baca juga:  Osteoporosis, Kenali Penyebab dan Cara Mengurangi Resikonya

1. Kurang asupan sayur dan buah. Hal ini bisa menimbulkan beragam gangguan kesehatan, termasuk resiko kanker prostat.
2. Mengkonsumsi daging merah secara berlebihan juga dapat meningkatkan resiko kanker pankreas dan kanker usus besar.
3. Obesitas. Seperti kita ketahui obesitas atau kelebihan berat badan bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Hal ini di karenakan menumpuknya lemak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh yang pada akhirnya malah memicu terjadinya penyakit-penyakit berat. Hal ini bisa diatasi dengan rutin melakukan olahraga.
4. Kanker pankreas ini juga terkait erat dengan penambahan usia seseorang. Serangan kanker ini biasanya menyerang seseorang yang berusia diantara 50-80 tahun.
5. Selain faktor diatas masih banyak faktor lain seperti faktor genetik, diabetes melliter, pancreatitis kronis dan lain-lain.

Untuk mencegah kanker pankreas ini menyerang tubuh kita, maka sangat penting bagi kita untuk menghindari faktor resikonya. Karena sejauh ini belum ada cara untuk mendeteksi penyakit ini secara akurat, maka pemeriksaan dini tidak terlalu membantu. Oleh karena itu hindarilah rokok, jagalah berat badan anda di angka ideal, perbanyak makan sayur dan buah buahan, dan olahraga secara teratur. Selain itu tambahkan makanan yang mengandung Asam ellagic, seperti buah berry dalam asupan harian anda. Semoga kita selalu sehat dan dihindarkan dari berbagai macam penyakit mematikan. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *