Cara mengobati Beri-beri Secara Alami

Cara mengobati beri-beri – Benarkah kekurangan gizi bisa menyebabkan penyakit beri-beri? Jawabannya adalah benar. Penyakit ini disebabkan karena kekurangan vitamin B1 (thiamin). Vitamin B1 banyak terdapat dalam beras, gandum, susu, keju, buah, dan sayuran. Kekurangan thiamin menyebabkan gangguan pada pertukaran zat hidrat arang dalam tubuh. Gejala yang sering muncul pada penderita beri-beri sebagai berikut:

Gejala beri-beri:

  • Selera makan berkurang
  • Jika berjalan agak lama, kaki dan tangan terasa sakit sehingga sulit digerakkan
  • Terjadi pembengkakan pada kaki
  • Jika ditekan, kulit akan lama kembali ke posisi semula

Ada beberapa macam ramuan yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit beri-beri. Bahan-bahan ramuan tersebut mudah diperoleh di sekitar kita. untuk lebih jelasnya silahkan simak jenis-jenis bahan dan cara meraciknya berikut ini.

Cara mengobati beri-beri
Cara mengobati beri-beri (gambar (c) wikipedia)

Cara mengobati beri-beri:
1. Ramuan I
Cara mengobati beri-beri yang pertama yaitu; sediakan setengah sendok serbuk biji mahoni dan satu sendok makan madu. Seduh serbuk biji mahoni diseduh dengan setengah gelas air panas, lalu tambahkan satu sendok makan madu. Minum ramuan ini dalam keadaan hangat dua kali sehari dengan dosis tiga sendok makan setiap kali minum.

2. Ramuan II
Cara mengobati beri-beri berikutnya yaitu; sediakan satu genggam daun pepaya muda segar dan satu sendok makan madu. Cuci bersih, lalu tumbuk daun pepaya muda, hingga halus. Tambahkan segelas air hangat dan satu sendok makan madu. Peras dan saring airnya. Minum ramuan ini tiga kali sehari dengan dosis setengah gelas sekali minum.

3. Ramuan III
Sediakan satu cangkir kacang hijau, dua cangkir santan, dan dua jari gula aren. Rebus semua bahan sambil diaduk-aduk hingga menjadi bubur kental. Makan bubur tersebut selagi hangat dua kali sehari.

Baca juga:  Pengobatan Alami Berbagai Penyakit Degeneratif (1)

4. Ramuan IV
Siapkan 15 gram jahe, 20 gram bawang putih, 60 gram kacang tanah, dan 60 gram kacang merah kecil. Cuci bersih semua bahan, kemudian blender dan masak sesuai selera. Campuran tersebut dimakan 2-3 kali sehari.

5. Ramuan V
Cara mengobati beri-beri yang terakhir yaitu; siapkan 10 gram jahe, 15 gram bawang putih, 15 gram bawang merah, dan 60 gram lobak. Cuci bersih semua bahan, lalu blender, saring airnya. Minum air saringan tersebut 2-3 kali sehari secara teratur.

Semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengobati beri-beri diatas sangat mudah untuk di dapatkan di sekitar kita. Silahkan konsumsi ramuan-ramuan diatas secara rutin dan juga di imbangi dengan mengunjungi dokter untuk mengkonsultasikan sakit beri-beri Anda. Itulah cara mengobati beri-beri secara alami semoga apa yang kita uraikan disini bermanfaat dan bisa membantu jika Anda mengalami masalah penyakit beri-beri.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + three =