Cara Mengobati Batuk Secara Alami

Pasti semua orang pernah merasakan sakit batuk. Meskipun terkesan sebagai penyakit ringan, namun cukup mengganggu aktivitas dan orang orang di sekitar kita. Untuk cara mengobati batuk secara alami, tentunya kita harus mengetahui dulu jenis batuk yang kita derita. Batuk yang paling sering dialami seseorang yaitu  ketika terserang virus influenza, virus ini menyerang ketika kondisi tubuh kita melemah. Selain influenza, batuk juga bisa terjadi akibat penyakit lain seperti TBC, alergi, infeksi saluran pernafasan dan penyakit lainnya.

Pada umumnya batuk terbagi menjadi 2 jenis, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk merupakan kondisi tubuh ketika paru-paru berusaha melawan infeksi atau mengeluarkan zat asing yang mengganggu saluran pernafasan. Menyembuhkan batuk tidak harus selalu dengan obat obatan kimia, karena banyak bahan alami di sekitar kita yang mampu untuk menyembuhkan batuk. Berikut beberapa bahan dan cara mengobati batuk secara alami:

Cara mengobati batuk secara alami
1. Jeruk Nipis
Air perasan jeruk nipis ini mengandung minyak astiri dan zat lainnya yang dapat mengontrol otot-otot di pernafasan yang berguna meredakan batuk. Cobalah 1 sendok makan air jeruk nipis di campur 3 sendok makan madu murni kemudian tambahkan 5 sendok makan air matang dikukus selama 30 menit. Minum ramuan ini 1 sendok teh sehari 2 kali. Atau bisa juga dengan cara yang lebih praktis, campur air jeruk nipis dan kecap dalam 1 sendok makan, ramuan tersebut diminum dua kali sehari.

Cara Mengobati Batuk Secara Alami
Sembuhkan Batuk Secara Alami dengan Jeruk Nipis
2. Air Putih
Perbanyak minum air putih ketika anda batuk, air putih menyamankan tenggorokan karena tekanan pada tenggorokan ketika batuk. Selain itu air putih juga efektif untuk meredakan dan menenangkan batuk yang disebabkan oleh alergi.3. Bawang Putih
Bawang putih memiliki kandungan zat anti mikroba, antibakteri, antibiotik, anti virus dan juga ekspektoran (pengencer dahak) sehingga sangat ampuh untuk mengobati batuk secara alami. Caranya bisa dengan cara memotong bawang putih menjadi beberapa bagian, kemudian masukkan dalam air panas, posisikan kepala anda di atas uap air panas tersebut, dan tutup kepala anda dengan handuk untuk menghindari uap bawang putih menyebar kemana mana. Atau anda juga bisa merebus  bawang putih dengan sedikit air dan satu sendok oregano. Tambahkan madu untuk menambah rasa manis, konsumsi bawang tersebut tiga kali sehari sebanyak 1-2 siung.

4. Teh Jahe
Cara mengobati batuk secara alami berikutnya yaitu dengan meminum teh jahe. Campuran teh dan jahe ini selain nikmat, ternyata juga mampu untuk meredakan batuk. Caranya sangat mudah, campur segelas teh hangat dengan beberapa irisan jahe. Minum 2x sehari.

Baca juga:  Busung Lapar: Pengobatan Alami

5. Kencur
Kencur juga bisa melancarkan pernafasan dan mengeluarkan dahak pada tenggorokan. Caranya cukup mudah, cuci bersih 1 cm kencur, kemudian kunyah-kunyah, kemudian telan dengan bantuan air hangat. Lakukan hal ini dua kali sehari.

6. Kunyit
Cara mengobati batuk secara alami yang berikutnya adalah menggunakan kunyit. Seperti halnya kencur, kunyit juga mampu menyembuhkan batuk secara alami, khususnya batuk kering. Caranya campur ½ sendok teh kunyit tumbuk atau kunyit bubuk kedalam segelas susu, serta tambahkan satu sendok madu. Minum ketika menjelang tidur.

7. Serai
Serai memiliki sifat antiradang sehingga dapat mengatasi batuk pada sumbernya, yakni peradangan pada saluran napas. Caranya pun cukup mudah, siapkan kira-kira 2 batang akar serai, cuci bersih, kemudian rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas air. Dinginkan, dan minum ramuan ini minimal satu kali sehari.

8. Bunga Belimbing Wuluh
Cara mengobati batuk secara alami 
berikutnya yaitu menggunakan belimbing wuluh. Ramuan ini biasanya dipakai untuk mengobati batuk pada anak anak, namun tidak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh orang dewasa. Caranya ambil segenggam daun belimbing wuluh, tambahkan sebongkah gula batu, campurkan dua gelas air, kemudian kukus sekitar 5-10 menit. Setelah dingin, saring, minum dua kali sehari.

9. Daun Sirih
Caranya, ambil lima lembar daun sirih, kemudian tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis. Rebus semua bahan dengan air sebanyak dua gelas. Tunggu hingga air rebusan menyusut menjadi satu setengah gelas. Angkat dan saring ramuan tersebut. Minum sebanyak satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari.

10. Garam
Cara mengobati batuk secara alami yang terakhir yaitu menggunakan garam. Berkumur dengan air garam bisa membantu meringankan sakit tenggorokan dan batuk.. Ketika garam mengenai bagian tenggorokan dan selaput lendir, garam mampu membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman dan menghilangkan peradangan. Berkumur dengan air garam ini, juga bisa membantu mengeluarkan dahak bagi penderita batuk berdahak. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan  mencampurkan satu sendok garam dengan segelas air hangat. Setelah itu berkumurlah selama 15 detik dengan larutan ini.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa membantu mengobati batuk anda baik batuk kering maupun batuk berdahak. Pilihlah bahan yang mudah di dapat disekitar rumah anda dan sesuai dengan selera anda. Semoga artikel cara mengobati batuk secara alami ini dapat menjadi referensi untuk menyembuhkan batuk yang anda derita.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 19 =