Cara Mengobati Anemia Secara Alami

Cara mengobati anemia secara alamiAnemia atau kurang darah adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi di dalam darah sehingga produksi darah merah tidak bisa optimal. Zat besi adalah salah satu unsur penting dalam pembentukan sel darah merah. Ada kecenderungan, anemia banyak dialami oleh wanita karena berkaitan dengan siklus haid yang dialami. Penderita anemia biasanya menunjukkan gejala-gejala sebagai berikut:

a. Muka pucat, lesu, dan cepat letih
b. Kepala sering pusing
c. Setelah jongkok, mata berkunang-kunang
d. Malas bekerja
e. Selera makan terkadang menurun
f. Jika berjalan, tungkai terasa cepat pegal
g. Kadangkala pingsan

Cara mengobati anemia secara alami
Cara mengobati anemia secara alami

Ada beberapa resep ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati anemia secara alami. Untuk lebih jelasnya, simak uraian bahan dan cara meraciknya berikut ini.

Cara mengobati anemia secara alami:
1. Ramuan I

Cara mengobati anemia secara alami yang pertama yaitu; sediakan satu genggam daun bayam duri, satu buah kuning telur, dan satu sendok makan madu. Cuci bersih daun bayam duri, lalu giling sampai halus. Campur hasil gilingan tadi dengan setengah gelas air masak, peras, dan saring. Masukkan satu buah kuning telur ayam dan satu sendok makan madu, lalu kocok sampai tercampur merata. Minum ramuan tersebut 2x sehari dengan dosis satu gelas setiap kali minum.

2. Ramuan II
Siapkan setengah genggam akar tapak liman, satu sendok makan madu murni, dan dua sendok teh air perasan jeruk nipis. Cuci bersih akar tapak liman, lalu giling sampai halus. Tuangkan satu sendok makan madu murni dan dua sendok teh air jeruk nipis, peras dan saring airnya. Minum dua kali sehari dengan dosis tiga sendok makan sekali minum.

Baca juga:  Makanan Pereda Nyeri Lutut Alami

3. Ramuan III
Cara mengobati anemia secara alami yang berikutnya yaitu; sediakan anakan pohon pisang kepok dan garam. Potong anakan pohon pisang kepok yang baru tumbuh setinggi sejengkal, lalu cuci sampai bersih dan diparut. Bubuhi satu sendok makan garam dan air secukupnya, lalu peras dan saring airnya. Minum ramuan ini dua kali sehari dengan dosis tiga sendok makan sekali minum.

4. Ramuan IV
Siapkan setengah genggam daun kacang panjang. Cuci bersih, kemudian asapkan sebentar. Makan sebagai lalapan ketika makan siang dan makan malam.

5. Ramuan V
Cara mengobati anemia secara alami yang berikutnya adalah; siapkan 3 batang tapak liman, madu secukupnya, dan 3 gelas air. Cuci tapak liman hingga bersih. Rebus dengan tiga gelas air hingga tinggal ¾ saja. Lalu dinginkan dan saring, tambahkan madu. Dianjurkan untuk meminum ramuan ini sebanyak dua kali sehari. Ramuan ini hanya untuk sekali minum.

6. Ramuan VI
Cara mengobati anemia secara alami yang terakhir yaitu; siapkan setengah jari lempuyang wangi, 4½ gelas air, dan madu secukupnya. Cuci dan potong-potong lempuyang seperlunya, lalu rebus hingga air rebusannya tinggal setengahnya. Dinginkan, lalu saring dan tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini dua kali sehari. Jumlah ramuan ini hanya untuk sekali minum.

Itulah beberapa cara mengobati anemia secara alami menggunakan bahan-bahan ramuan tradisional yang bisa kita dapatkan dengan mudah di sekitar kita. Jika anda sering mengalami anemia berkepanjangan, silahkan mencoba ramuan tradisional diatas dan hubungi dokter untuk mengkonsultasikan masalah anemia Anda. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *