Cara Alami Memutihkan Wajah dengan Cepat

Cara alami memutihkan wajah dengan cepat – Mempunyai wajah putih dan bersih adalah dambaan pria dan wanita. Kategori cantik dan tampan pun berbeda-beda, tergantung bagaimana pendapat masing-masing kita menilainya. Tetapi, mayoritas masyarakat menganggap bahwa orang yang putih dan bersih itu menarik. Oleh karena itu, agar terlihat cantik ataupun tampan berbagai cara pun diupayakan. Mulai dari perawatan ke dokter, facial, ataupun minum obat-obat tertentu. Beberapa cara tersebut memang identik dengan wanita, tetapi tidak mengurangi kemungkinan juga dipakai oleh kaum pria.

Sekarang ini sebagian besar kaum pria juga tak lagi segan atau malu jika pergi ke salon untuk melakukan perawatan kulit wajah. Bahkan cara-cara yang telah disebutkan tadi  juga telah dipakai oleh para pria. Namun, diantara beberapa cara tersebut tidaklah aman, bahkan bisa merusak kulit. Untuk itu diperlukan cara yang alami untuk mendapatkan kulit putih dengan cara yang aman. Ada beberapa cara memutihkan wajah secara alami, berikut adalah alternatif lain cara alami memutihkan wajah dan kulit anda secara aman.

Cara Alami Memutihkan Wajah dengan Cepat
Membuat Kulit Wajah Segar dan Bersih

Cara Alami Memutihkan Wajah dengan Cepat

1. Menggunakan penutup kulit
Cara alami memutihkan wajah 
yang pertama yaitu; paparan sinar matahari adalah hal yang perlu dihindari, apalagi bagi anda yang memiliki kulit sawo matang. Kenapa? Karena sinar matahari mengandung sinar UVA, UVB, dan UVC. Dimana UVA merupakan sinar yang dapat merusak kulit. UVB bermanfaat bagi kulit, namun apabila terlalu berlebihan malah akan merusak kulit. Sedangkan UVC ini adalah sinar yang berbahaya untuk kulit.

Orang yang memiliki kulit sawo matang memiliki resiko tinggi kulit menjadi lebih cepat hitam dari pada orang yang berkulit putih. Hal ini disebabkan oleh melanocyt atau pigmen yang melindungi kulit pada orang berkulit sawo matang lebih banyak. Melanocyt inilah yang keluar saat kulit terkena sinar matahari, dan menyebabkan kulit menjadi gelap.

Untuk mengatasi hal itu, cara alami memutihkan wajah dan kulit yang bisa anda lakukan adalah melindungi diri dari paparan sinar matahari secara langsung. Anda bisa menggunakan topi atau penutup wajah saat keluar rumah, terutama pada saat siang hari. Selain topi sebagai penutup wajah, sebaiknya anda juga menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang untuk menutupi kulit tubuh anda. Sehingga kulit akan terhindar seminimal mungkin dari panasnya terik matahari.

2. Rutin cuci muka
Cara alami memutihkan wajah yang berikutnya adalah rutin mencuci muka. Wajah merupakan aset yang tidak ternilai harganya. Saat orang lain melihat anda, wajah adalah bagian tubuh yang akan dilihat oleh orang terlebih dahulu. Oleh karena itu, memiliki wajah yang putih, bersih dan segar akan membuat orang lain memiliki kesan positif ketika memandang wajah kita. Sebagai perawatan ringan untuk kulit wajah, lakukan perawatan ringan wajah seperti mencuci muka secara rutin. Terutama bagi anda yang memiliki aktivitas di luar ruang. Karena debu dan berbagai macam kotoran otomatis akan banyak menempel pada kulit anda.  Dengan mencuci muka secara rutin, berarti anda setidaknya telah menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada kulit wajah.

3. Makan sayur dan buah-buahan serta olahraga rutin
Cara alami memutihkan wajah berikutnya yaitu dengan makan sayur serta buah dan olahraga secara rutin. Kulit tubuh manusia membutuhkan berbagai asupan vitamin dan mineral. Untuk mencukupi kebutuhan tersebut, anda bisa mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan. Di dalamnya terdapat banyak vitamin. Misalnya saja pisang. Pisang mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin E yang dapat memperlambat proses penuaan kulit.

Selain makan sayur dan buah-buahan, anda juga harus berolahraga secara rutin. Karena dengan olahraga teratur, kulit anda jadi sehat, segar dan kencang. Selain berefek pada tubuh, kulit wajah anda pun akan terlihat lebih berseri. Dengan catatan lakukan kegiatan olahraga dipagi hari ketika matahari sinarnya belum terik dan sinar matahari pagi hari masih mengandung vitamin D.

Baca juga:  Manfaat Aromaterapi untuk Kecantikan (2)

4. Membersihkan muka dua kali sehari
Untuk mendapatkan kulit wajah yang putih, bersih dan sehat, cara alami memutihkan wajah yang berikutnya adalah membersihkan muka dua kali dalam sehari. Jangan terlalu sering membersihkan muka karena akan memberi efek kurang baik pada kulit anda. Efek kurang baiknya adalah akan menghilangkan minyak alami yang terdapat di kulit anda. Tetapi jika anda tidak membersihkan wajah secara teratur juga akan menimbulkan masalah timbulnya jerawat.

5. Pilih pembersih yang sesuai dengan jenis kulit
Dalam membersihkan muka, anda jangan sembarangan memilih pembersih wajah. Karena pembersih wajah yang mengandung bahan kimiawi malah akan mengeringkan dan merusak kondisi kulit dari waktu ke waktu. Dan apabila terlalu banyak dan terlalu sering menggunakan pembersih, akan menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit. Sedangkan memakai pembersih yang terlalu kering justru akan mengiritasi kulit.

Dalam memilih pembersih, anda harus betul-betul memperhatikan jenis kulit anda. Apabila jenis kulit kering, anda harus memastikan pembersih yang mengandung bahan alami yang berisi nutria dan minyak. Bagi kulit berminyak, bahan alami yang digunakan pembersih harus berupa bahan yang bisa menyeimbangkan produksi minyak dan dapat mendukung kecerahan.

6. Bersihkan muka dengan air hangat
Untuk memperoleh kulit wajah yang bersih, langkah terbaik yang harus anda lakukan ialah dengan membersihkan kulit wajah dengan air hangat. Jangan terlalu panas dan jangan terlalu dingin. Jika terlalu panas akan beresiko mengeringkan dan merusak kulit. Dan jika terlalu dingin maka tidak akan bisa melarutkan dan membuang kotoran yang masuk dalam pori- pori seperti halnya air hangat.

7. Menggunakan masker
Cara alami memutihkan wajah dengan cepat berikutnya adalah memakai masker. Luangkan waktu untuk menggunakan masker secara rutin di wajah anda. Lakukan di saat anda memiliki waktu senggang atau juga gunakan masker ketika melakukan kegiatan ringan di rumah. Berikut beberapa contoh masker wajah alami yang bisa anda gunakan:

a. Menggunakan Jeruk nipis
Siapa yang tidak tahu buah kecil ini? Buah kecil yang dikenal dengan jeruk nipis merupakan salah satu alternative yang bisa anda gunakan untuk memutihkan wajah. Caranya adalah anda cukup mencampurkan satu buah jeruk nipis yang telah diperas dan dicampur putih telur ayam.  Kemudian lulurkan campuran tersebut ke wajah secara merata. Setelah 20 menit, cuci wajah anda dengan air hangat.

b. Menggunakan Tomat
Tomat adalah salah satu buah yang mengandung Iycopone dan vitamin C yang baik untuk kulit anda. Dimana Iycopone tersebut merupakan antioksidan yang bagus untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Caranya adalah blender tomat tersebut beserta sedikit campuran jeruk nipis, kemudian oleskan hasil blenderan tersebut rata pada wajah dan leher. Jangan lupa sebelum dioleskan ke wajah tadi, wajah harus bersih dan kering. Setelah 10 menit, anda bisa membersihkannya cukup dengan air dingin saja. Lakukan ini setiap malam dan lihat perubahan anda.

Lakukan cara-cara diatas secara rutin hingga anda mendapatkan kulit wajah yang putih dan bersih. Imbangi dengan pola hidup sehat, istirahat teratur dan hindari makanan yang mengandung minyak berlebih. Ingat wajah adalah gambaran kepribadian seseorang, wajah yang bersih dan cerah memperlihatkan betapa segarnya dan sehatnya hidup anda. Cara alami memutihkan wajah secara cepat ini kuncinya adalah lakukan dengan sabar dan telaten. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + four =