Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

Buah delima memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Baik itu untuk kesehatan, kecantikan dan untuk ibu hamil. Buah yang menurut sejarah berasal dari Timur Tengah ini cukup mudah untuk ditermukan di negara kita. Banyak dari kita yang menanam pohon buah delima di kebun atau pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Ciri khas buah delima adalah begitu banyaknya biji kecil-kecil. Ada 3 macam jenis buah delima, yaitu: delima putih, delima merah dan delima ungu. Namun disini kita tidak akan membahas macam buah delima. Mari kita membahas berbagai macam manfaat buah  delima bagi kehidupan manusia.

Manfaat buah delima bagi kesehatan
1. Membantu mencegah kanker prostat
Buah delima memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin C, zat besi dan anti-oksidan sangat berguna memerangi radikal bebas yang menyebabkan berbagai macam penyakit kanker terutama kanker prostat.

Manfaat buah delima
Manfaat buah delima

2. Membantu merawat gigi
Manfaat buah delima berikutnya adalah untuk merawat gigi. Jus buah delima sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan gigi manusia dikarenakan banyaknya zat yang membantu mengurangi plak yang menyebabkan karang gigi dan bau mulut.

3. Mencegah penyakit jantung
Zat anti oksidan dalam buah delima juga bermanfaat menurunkan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh sehingga aliran darah ke jantung akan normal yang memicu jantung sehat.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi
Manfaat buah delima yang berikutnya yaitu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jika anda mengalami masalah tekanan darah tinggi, cobalah untuk rutin mengkonsumsi  jus buah delima.

5. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh
Kandungan Vitamin C pada buah delima sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

6. Membantu mengatasi gangguan pencernaan
Jika anda mengalami gangguan pencernaan seperti diare, silahkan mencoba mengkonsumsi jus buah delima atau bisa memanfaatkan ramuan herbal teh daun buah delima.

7. Membantu menjaga kesehatan kulit
Kandungan Vitamin C pada buah delima juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk kesehatan kulit seperti mencegah penuaan dini, kanker kulit, menghilangkan sel kulit mati dan mencegah kulit menjadi kusam.

Baca juga:  Manfaat Kurma untuk Kesehatan

8. Membantu program diet
Manfaat buah delima berikutnya adalah membantu program diet. Jika Anda sedang melakukan diet alami nan sehat, masukkan buah delima dalam menu konsumsi diet Anda. Hal ini dikarenakan zat anti oksidan dalam buah delima dapat membantu pengendalian berat badan.

9. Mengobati anemia
Buat delima juga mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk darah Anda. Jika anda dalam kondisi yang sering mengalami anemia atau untuk wanita yang sedang dating bulan cobalah untuk mengkonsumsi buah delima.

10. Membantu menyembuhkan luka pada kulit
Jika Anda memiliki luka pada kulit luar, bisa dibantu penyembuhan luka dari dalam dengan mengkonsumsi jus buah delima.

Manfaat buah delima untuk kehamilan
1. Menjaga asupan nutrisi janin
Buah delima mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin sehat agar terhindar dari resiko lahir cacat.

2. Menjaga kesehatan tubuh ibu dan janin
Kandungan Vitamin C dalam buah delima tentu saja juga sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh baik itu untuk ibu hamil atau Janin yang ada di dalam perut ibu.

3. Meredakan kaki kram atau bengkak
Seiring bertambah berat tubuh akibat usia kehamilan, kaki ibu hamil banyak yang beresiko kram atau bengkak karena menopang berat tubuh. Zat kalium yang ada di dalam buah delima sangat bermanfaat untuk membantu meredakan kaki kram dan bengkak-bengkak.

Cukup banyak manfaat buah delima bagi kehidupan manusia. Namun memang di beberapa daerah buah delima ini sangat sulit di dapatkan. Semoga artikel tentang manfaat delima ini bermanfaat untuk kita semua. Mari jaga tubuh kita tetap sehat dengan menikmati buah-buahan yang ada di sekitar kita.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + sixteen =